Kenali Penyakit Burung Cendet, Begini Cara Mengatasinya

oleh -14 views
Burung Cendet
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Terkenal dengan kicauannya yang cukup merdu, burung cendet tengah populer dipelihara oleh kalangan masyarakat.

Namun sayangnya, burung dengan kicauan merdu ini sangat rentan terhadap serangan penyakit. Ada berbagai jenis penyakit yang kerap menyerang burung cendet, biasanya jenis penyakit tersebut diantaranya.

Infeksi Saluran Nafas

Penyakit ini kerap menyerang burung cendet dengan gejalanya seperti batuk hingga sesak nafas. Biasanya penyakit ini disebabkan karena faktor kandang atau pun lingkungan yang cenderung kotor. Dampak buruknya, burung cendet akan kehilangan pernafasan hingga bisa menyebabkan kematian. Adapun cara mengatasi penyakit ini biasanya dengan menjaga lingkungan atau kandang agar tetap selalu bersih dan terhindar dari segala debu hingga kotoran.

Baca Juga :   Lomba Burung Kicau Nasional, Berharap Masyarakat Mencintai Binatang

Diare

Jenis penyakit ini cukup terbilang umum yang menyerang semua jenis burung, termasuk juga burung cendet. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri kotor yang masuk ke dalam saluran pencernaan burung, sehingga burung cendet pada pencernaannya terkontaminasi oleh bakteri tadi. Gejalanya, burung cendet akan sering mengeluarkan kotoran hingga menyebabkan kehilangan nafsu makan. Adapun cara mengatasinya yaitu dengan memperhatikan pakan terbaik burung agar tidak adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh burung.

Cacingan

Penyakit yang kerap menganggu saluran usus burung ini tentunya memiliki dampak buruk terbesar. Penyebab dari penyakit ini biasanya sistem saluran pencernaan burung yang tidak berfungsi. Adapun pertolongan pertama untuk mengatasinya yaitu dengan mengambil tindakan pencegahan agar burung tersebut tidak terganggu saluran ususnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.