Bebas Penyakit, Ratusan Ekor Kepiting Siap Terbang Ke Jakarta

oleh -7 views
4168f306fd0ca3d37aa198ae0fc06476
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Satuan Pelayanan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Karantina Sumatera Selatan melakukan pemeriksaan 400 ekor kepiting.

Adapun ratusan ekor itu akan dikirim ke Jakarta, Jumat (08/03/2024). Pemeriksaan yang dilakukan yaitu pemeriksaan kelengkapan dokumen dan virus penyakit.

“Setelah kami periksa, target virus penyakit White Spot Syndrome Virus (WSSV) tidak ditemukan pada kepiting yang akan dilalulintaskan,” ujar Atika, Teknisi Pengendali Hama dan Penyakit Ikan yang bertugas.

Sementara itu, Kepala Karantina Sumatera Selatan, Kostan Manalu menjelaskan pemeriksaan dilakukan untuk mencegah penyebaran hama penyakit ikan karantina (HPIK).

Baca Juga :   Gerakan Makan Ikan Di Yogya, Upaya Penuhi Gizi Hingga Cegah Stunting

“Sehingga hanya kepiting yang sehat dan aman akan memberikan jaminan kualitas kepada masyarakat yang akan mengkonsumsi,” pungkas Kostan.

Selain itu, Kostan Manalu juga menghimbau pelaku usaha di bidang perikanan untuk selalu mengikuti peraturan. Hal ini menurutnya untuk mencegah penyebaran penyakit sebelum berbagai komoditas dilalulintaskan.

“Kami menghimbau kepada para pelaku usaha di bidang perikanan untuk selalu mengikuti peraturan yang berlaku dan lapor karantina sebelum melalulintaskan komoditasnya. Hal ini untuk mencegah penyebaran HPIK, baik ke luar maupun yang masuk ke Sumatera Selatan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.