Teknologi Ipubers, Jadi Cara Mudah Petani Dapatkan Pupuk Subsidi

oleh -17 views
pupuk pertanian
Ilustrasi Pupuk Pertanian - Foto : Freepik

Panennews.com – Sekretaris Daerah Brebes Ir Djoko Gunawan MT meluncurkan penggunaan aplikasi digital Integrasi Pupuk Bersubsidi (iPubers).

Aplikasi ini sebagai cara mudah penyaluran pupuk bersubsidi berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK). Luncuran iPubers di Kios Pupuk Lengkap (KPL) Tani Jaya Putra Desa Sidamulya Kec. Wanasari, Brebes, Rabu (07/02/2024).

“iPubers adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk membantu merekap penyaluran pupuk bersubsidi,” tutur Djoko.

Lanjut Djoko, pemantapan program yang sudah berjalan dengan lancar didukung dengan melakukan perubahan sistem ke bentuk digital. Dengan iPubers, memudahkan pemesanan pupuk, update data dan sebagainya.

Aplikasi ini merupakan wujud komitmen Presiden Indonesia untuk memudahkan pelayanan kepada para petani di seluruh Indonesia. Publikasi aplikasi ini di Brebes tentunya penting agar para petani paham bahwa pemenuhan pupuk dijamin oleh pemerintah.

Baca Juga :   Dikucur Alsintan dan Sarpras, Petani Tembakau Full Senyum

“Tidak perlu takut akan kekurangan pupuk, karena alokasi yang ada dapat digunakan untuk dua kali musim tanam, hingga bulan Juni 2024. Tambahan Rp14 triliun akan segera diproses, sehingga musim tanam ketiga dan selanjutnya dapat tercukupi dengan tambahan kuota tersebut,” ungkap Djoko.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes Ir Yulia Hendrawati MSi menjelaskan, tahun 2024 Kabupaten Brebes mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi yaitu Urea sebesar 25.542 ton dan MPK sebesar 14.950 ton.

Alokasi pupuk ini lebih kecil dari tahun sebelumnya, tetapi akan dilakukan penambahan sebesar Rp14 triliun setara dengan 25 juta ton pupuk oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga :   Kolaborasi TNI dan Pemuda Di Temanggung Ciptakan Drone Untuk Pertanian

Ditengarai, sekitar 20 persen petani Brebes kesulitan mendapatkan pupuk. Sehingga dengan adanya iPubers petani tidak perlu menggunakan kartu tani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi melainkan dengan menggunakan KTP saja.

“Bapak-bapak yang 20 persen tadi, sebanyak 23 ribu orang bisa terlayani dengan sistem iPubers menggunakan KTP. Dengan kemudahan ini diharapkan semuanya bisa terlayani dengan pupuk bersubsidi,” tutur Yulia.

Sebagai informasi, Brebes merupakan daerah penghasil bawang, sehingga pupuk menjadi salah satu komponen utama yang diperlukan petani agar tanamannya subur.

“Kalau ada yang menyampaikan kelangkaan pupuk, bisa dikomunikasikan dengan kami di Dinas Pertanian. Kami akan berkoordinasi dengan pupuk Indonesia, dan pupuk Indonesia akan berkoordinasi dengan distributor, kemudian distributor akan berkoordinasi dengan para KPL,” pungkas Yulia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.