Jenis Kayu Yang Tepat Untuk Bahan Furniture, Apa Saja?

oleh -28 views
Kayu Eboni
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Kayu merupakan salah satu komoditas kehutanan yang memiliki banyak manfaat. Khususnya sebagai bahan baku peralatan rumah tangga, termasuk juga bahan baku furniture.

Di Indonesia, tersimpan banyak jenis-jenis kayu dengan intensitas begitu kuat. Namun, tidak semua jenis kayu cocok untuk pembuatan furniture. Adapun jenis kayu yang tepat untuk pembuatan furniture antara lain.

Jati

Kayu jati sudah cukup terkenal sebagai bahan baku peralatan rumah tangga, termasuk juga furniture. Pasalnya, jenis kayu yang banyak dijumpai pada Pulau Jawa hingga Kalimantan ini memiliki tekstur yang gampang dibentuk. Selain itu, kayu jati juga memiliki daya tahan yang cukup kuat dan tahan lama. Oleh karena itu, jati merupakan kayu yang cocok untuk dijadikan bahan furniture.

Baca Juga :   Benarkah Rempah Kayu Manis Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Mahoni

Serat yang halus pada permukaan kayu mahoni tentunya begitu indah jika difungsikan sebagai bahan baku furniture atau mebel. Di sisi lain, kayu ini sangat kuat dan tahan lama sehingga bisa menjadi salah satu primadona bahan baku pembuatan mebel. Selain itu, teksturnya yang ringan juga sangat mendukung pembentukan kayu tersebut.

Trembesi

Jenis kayu yang satu ini sangat cocok dijadikan bahan furniture. Pasalnya, kayu ini memiliki daya tahan kuat terhadap suhu lingkungan yang dimulai suhu dingin maupun panas. Selain itu, jenis kayu ini juga memiliki tekstur ringan dengan indah dan tak lupa juga jenis kayu trembesi ini mempunyai kekuatan dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.