Tebar 2000 Bibit Ikan Nila, Bangka Tengah Tingkatkan Produksi Perikanan

oleh -25 views
KKP Genjot Produksi Benih Gabus Haruan di Kalimantan Selatan Melimpah 2
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melakukan penebaran benih ikan nila di keramba jaring apung (KJA) wisata alam bekas tambang, Danau Pading Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar, Senin (15/01/2024).

Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah, didampingi Kepala Dinas Perikanan, Imam Soehadi, Camat Lubuk Besar, Armansyah, menebar benih ikan nila hitam sebanyak 2.000 ekor di keramba jaring apung.

Keramba tersebut milik pokdakan Pading Jaya Lestari Desa Perlang. Anggota dari pokdakan Pading Jaya Lestari ini juga merupakan para anggota Pokdarwis Danau Pading.

Selain itu, Algafry Rahman juga menyerahkan secara simbolis bantuan 2 set keramba jaring apung (KJA) HDPE, 3.128 ekor benih ikan nila hitam, 3.128 ekor benih ikan nila merah yang sebelumnya telah disebarkan pada 2023 lalu.

Baca Juga :   Cegah Stunting, KKP Bagikan 93,5 Ton Paket Ikan Sehat Ke Seluruh Indonesia

Lebih lanjut, serta 2.120 kg pakan ikan tahun anggaran 2023 kepada Pokdakan Pading Jaya Lestari, dengan total anggaran bantuan ini senilai 370 juta rupiah.

Disampaikan Algafry Rahman, bantuan kepada para pokdarwis Danau Pading ini, sebagai bentuk dukungan kepada para pokdarwis yang selalu siaga menjaga lokasi dan lingkungan Danau Pading.

“Saya berharap bahwa ini betul-betul bisa bermanfaat bagi teman-teman pokdarwis. Tolong dijaga sebaik-baiknya agar ini dapat berkembang dan nanti bisa berkelanjutan. Untuk tahap awal ini, kita pemerintah daerah akan terus mendukung, termasuk pakannya juga akan kita bantu,” tegasnya.

Algafry juga berharap jika sudah panen nanti pokdakan Pading Jaya Lestari dapat mengelola hasil panennya sebaik mungkin.

Baca Juga :   KKP dan Pemkab Sumba Timur Sepakat Kembangkan Kawasan Perikanan Budidaya

“Kita sarankan kepada teman-teman pokdakan tadi jangan sampai nanti pengolahannya itu tidak baik. Kalaupun nantinya ada penghasilan, silakan disisihkan. Hal ini juga sebagai sarana untuk belajar bagaimana mengelola sebuah usaha,” ucapnya.

Sementara itu, Arif selaku Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan Budidaya dan Pengolahan Hasil Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mengapresiasi Kabupaten Bangka Tengah dengan aksi penebaran benih ikan di lokasi wisata bekas tambang.

“Kami sangat mengapresiasi Kabupaten Bangka Tengah yang sudah berhasil dalam rangkaian mewujudkan dan mengintegrasikan sektor perikanan dengan sektor pariwisata. Ini salah satu bukti konkret yang sudah dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.