Mentan Ingin Pertanian Indonesia Modern Setara Jepang dan Korsel

oleh -8 views
jagung_petani
Foto : Pexels

Panennews.com – Menteri Pertanian RI, Andi Amran memastikan bahwa bantuan yang diberikan oleh Menteri Pertanian sampai dan tepat sasaran, bahkan fokus bantuan sebesar 7,7 triliun untuk Indonesia yang fokusnya unit benih jagung, padi hortikultura diberikan secara gratis.

Mengingat tema besar Menteri Pertanian, transformasi pertanian tradisional menjadi pertanian modern semua itu dilakukan untuk bisa setara dengan Jepang dan Korea Selatan.

“Bantuan yang kita berikan sebesar 7,7 Triliun untuk Indonesia kita berikan secara gratis, karena tema besar kita transformasi pertanian tradisional menjadi pertanian modern, jika sudah modern maka kita bisa setara dengan Jepang dan Korea Selatan,” ucap Menteri, Kamis (25/1/2024) di Lombok Tengah.

Pj Gubernur HL Gita Aiadi menjelaskan, pemerintah Provinsi NTB tetap berkomitmen untuk bagaimana mengembalikan prestasi emas di tahun 1984, pemerintah republik Indonesia mendapatkan penghargaan dari Food and Agriculture Organization (FAO).

Mengingat salah satu kontributornya adalah NTB dengan operasi tekad makmur gogorancah yang merupakan episentrum pelaksanaannya ada di Lombok Tengah di sekitar bundaran truai dan sebagainya.

Baca Juga :   Instore Dryer, Solusi Jaga Bawang Di Saat Musim Hujan

Ditambahkan Pj Gubernur, jika sentra-sentra produksi itu tersedia air yang memadai kemudian pupuk, bibit dan lainnya serta afirmasi action dari pemerintah pusat memberikan perhatian lebih besar lagi kepada NTB guna menjadikan NTB sebagai lumbung pangan Nasional.

“Kami tetap berkomitmen untuk bagaimana prestasi emas tahun 1984 pemerintah Republik Indonesia mendapatkan penghargaan dari FAO dan kontributor salah satunya adalah NTB, tentunya bila sentra-sentra produksi itu tersedia air yang memadai, pupuk, dan bibit, serta perhatian lebih besar lagi untuk NTB,” ujar Pj Gubernur NTB, Miq Gite, sapaan akrabnya.

Miq Gite juga menyampaikan terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Pertanian atas respon cepat yang diberikan dalam merespon masalah pupuk subsidi dan benih, dari yang dialokasikan 130.000 ton untuk NTB.

NTB masih membutuhkan 120.000 Ton pupuk dan untuk menghindari teriakan masyarakat tentang kelangkaan pupuk baik pupuk UREA maupun NPK.

Bahkan Miq Gite juga menyampaikan untuk menyatukan frekuensi Kementerian Pertanian dan pemerintah provinsi NTB untuk tetap menjadikan NTB sebagai lumbung pangan nasional maka aspirasi pompa air dan berbagai sarana prasarana pertanian dan revitalisasi Bendungan serta embung mohon untuk tetap diberikan.

Baca Juga :   Mentan Amran Sebut Lahan Rawa Di Kalsel, Hasilkan Beras Hingga 1 Juta Ton

“Pada kesempatan ini tentu kami mewakili masyarakat NTB menyampaikan terima kasih kepada bapak Presiden melalui Bapak Menteri Pertanian atas perhatiannya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan petani baik pupuk subsidi, dan benih,” pintanya.

Pada kesempatan yang sama dalam kunjungan tersebut, Menteri Pertanian RI, Andi Amran, di dampingi Miq Gita, Bupati Lombok Tengah menyerahkan bantuan benih padi seluas 38.500 ha dan benih jagung seluas 176.000 ha senilai 171,49 milyar untuk Provinsi NTB.

Bantuan tersebut diterima oleh Sekdis Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB. Dan bantuan benih padi seluas 11.000 ha dan benih jagung seluas 8.000 ha senilai 10,94 milyar untuk kabupaten Lombok tengah yang diterima oleh Kadis Pertanian Lombok Tengah.

Kunjungan kerja Menteri Pertanian itu diharapkan dapat memberikan dorongan positif dan dukungan langsung dalam percepatan peningkatan produksi pangan, khususnya beras, sehingga NTB dapat menjadi kontributor utama dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.