Instore Dryer, Solusi Jaga Bawang Di Saat Musim Hujan

oleh -126 views
instore dryer
Foto : Balitbang Kementan

Panennews.com – Tentunya musim hujan menjadi musim yang cukup ekstra bagi petani bawang. Penanganan pasca panen saat musim hujan inilah terkadang memerlukan perlakuan khusus pada bawang, baik bawang putih maupun bawang merah.

Tanaman hortikultura yang mengandung banyak antioksidan memerlukan suhu yang kering saat penyimpanannya. Sehingga saat musim hujan, petani setidaknya memerlukan gudang sebagai penyimpanan hasil tani pasca panen yang memadai.

Kepala Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) Dr. Prayudi Syamsuri menjelaskan dalam menjaga kualitas saat penyimpanan dan pengeringan pada bawang putih dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi instore drying. Hal ini memberikan peluang terhadap para petani bawang putih dalam mengatasi penanganan pascapanen terutama pada musim hujan.

Baca Juga :   Akuakultur Jadi Tren Dunia, Guru Besar UGM: Perlu Dikembangkan Vaksin Ikan

Instore dryer didisain berupa bangunan dengan sirkulasi udara yang baik serta dilengkapi pemanas untuk proses pengeringan. Rangka bangunan instore dryer terbuat dari baja ringan dengan lantai rabat beton, dinding dari polikarbonat, atap bangunan dari spandek transparan, dan rak penyimpanan dari kayu.

Dengan adanya instore dryer inilah nantinya dinilai akan mampu mempertahankan kualitas dan masa simpang dari hasil pertanian jauh lebih lama. Proses ini juga dapat menurunkan proses respirasi, memperkecil transpirasi dan menghambat perkembangan mikrobia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.