Ketahui Tanda-Tanda Tanaman Terserang Hama Penyakit

oleh -185 views
Sick Calathea houseplant leaf with dry brown and yellow leaf spots
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Memelihara tanaman saat ini memang tengah banyak digandrungi oleh kalangan masyarakat. Biasanya sebagian masyarakat memelihara tanaman hias, tanaman bunga, maupun tanaman buah yang dinilai sangat indah.

Namun, keindahannya tersebut akan hilang jika tanaman terkena serangan hama dan juga penyakit. Oleh sebab itu, mengetahui tanda-tanda tanaman terserang hama memang cukup penting, guna mewaspadai dan membasmi hama tersebut.

Secara umum, tanaman yang terserang hama serta penyakit dapat diciri dan ditandakan dengan daunnya berbintik-bintik, terlihat kering, bahkan bisa layu serta mati. Biasanya daun itu terserang penyakit serta hama yang disebut kutu daun, adapun cara mengatasinya yaitu dengan menyemprotkan pestisida pada sebagian permukaan daun secara merata.

Baca Juga :   Manfaat Ampas Kopi untuk Nutrisi Tanaman yang Perlu Anda Tahu

Selain itu, batang yang membusuk juga dapat menjadi tanda-tanda tanaman terserang hama, biasanya batang yang membusuk terserang hama ulat. Hama tersebut menyerang bagian batang, daun, hingga akar tanaman, adapun cara mengatasi tanda hama ini yaitu dengan mencegah penyebaran ulat tersebut menggunakan cairan pembasmi hama dan penyakit.

Lebih lanjut, tanda-tanda tanaman terserang hama juga bisa dilihat pada tanahnya yang bolong-bolong, sehingga akibat hal tersebut menjadikan tanah tidak subur dan tidak menjadikan tanaman subur. Biasanya hal ini disebabkan oleh hama jenis tikus yang menyerang pada bagian dalam tanah, adapun cara mengatasinya bisa dengan perangkap tikus juga pestisida yang bisa menjadi pilihan pembasmi hama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.