Potensi Kelor, Perkuat Program UMKM Pangan Berbasis Lokal

oleh -28 views
ilustrasi daun kelor
Ilustrasi Daun Kelor - Foto : Istock

Panennews.com – Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus gencar mengembangkan potensi kelor sebagai salah satu program mewujudkan ketahanan pangan.

Salah satunya melalui diversifikasi konsumsi pangan dengan penguatan sektor bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang berbasis potensi lokal.

“Kita mengkampanyekan gerakan diversifikasi pangan lokal dan menyatakan pangan lokal adalah kekayaan dan budaya bangsa,” ujar Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal, pada Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Beyond Moringa Indonesia (ABMI) yang ke II, di La Moringa Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Baca Juga :   Berburu Takjil Cendol Daun Kelor, Sehat dan Menyegarkan

Selain itu, Rinna pun juga mengungkapkan bahwa kampanye penganekaragaman pangan lokal melalui UMKM pangan haruslah terus dimasifkan.

Oleh karena itu, pengembangan pangan lokal dapat membantu Indonesia meningkatkan perekonomian dan mencapai ketahanan pangan nasional.

“Terdapat banyak potensi pangan lokal untuk mendukung baik secara ekonomi dan ketahanan pangan, yang dapat diidentifikasi dan didorong agar tiap provinsi mempunyai komoditas pangan lokal andalannya masing-masing,” ungkap Rinna.

Sementara itu, Rinna menambahkan bahwa penganekaragaman pangan juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Baca Juga :   Dukung Pengendalian Inflasi Jelang Nataru, TPID Kota Denpasar Gelar Sidak Di Pasar Kereneng Dan Pasar Badung

Lebih lanjut, yang mana untuk dapat hidup aktif, sehat dan produktif manusia membutuhkan konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman.

“Untuk dapat hidup sehat dan produktif, manusia memerlukan sekitar 45 jenis zat gizi yang dapat dipenuhi dengan mengonsumsi pangan yang beragam dan bergizi seimbang, serta aman,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.