Mini Expo Anggrek Di Jawa Barat, Jadi Wadah Edukasi Benih Dan Budidaya Anggrek

oleh -32 views
WhatsApp-Image-2023-11-29-at-2.01.13-PM
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Dalam rangka memperingati Perhimpunan Anggrek Indonesia ke-67, Dewan Pengurus Daerah Pencinta Anggrek Indonesia (DPD PAI) Jawa Barat menyelenggarakan Mini Expo Anggrek.

Adapun acara ini dengan tema “Bersama membangun Silaturahmi, Kolaborasi, dan Sinergitas untuk mendukung Peranggrekan Jabar Juara.” Acara yang berlangsung pada Kamis (30/11/2023) di Sekretariat DPD PAI Jabar, wilayah Cigadung Kota Bandung.

Lebih lanjut, acara ini merupakan upaya memperkuat hubungan antar komunitas anggrek dan mendukung industri anggrek di Jawa Barat.

Romlah, Ketua DPD PAI Jabar, menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya memperkuat jaringan antar komunitas anggrek, tetapi juga bertujuan sebagai wadah edukasi dalam pengembangan industri perbenihan dan budidaya anggrek.

Baca Juga :   Benarkah Jeruk Nipis Bisa Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

“Mini Expo Anggrek ini menyuguhkan beragam acara, termasuk pameran kontes anggrek, lomba batik lukis anggrek, bursa florikultura, talkshow, edukasi pengembangan anggrek, dan lelang florikultura. Kami berharap, hal ini dapat meningkatkan pendapatan petani serta ekonomi di wilayah tersebut,” ujar Romlah.

Sementara itu, Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi Lukman mengungkapkan bahwa budidaya anggrek memiliki prospek bisnis yang menguntungkan karena tidak memerlukan lahan yang luas.

Potensi bisnis anggrek sangat luas, mulai dari penjualan benih, seedling, hingga tanaman dewasa, baik dalam bentuk bunga potong maupun rangkaian bunga anggrek.

“Produksi anggrek secara nasional mengalami peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2022, produksi anggrek mencapai 14.699.959 tangkai, naik 25% dari tahun 2020. Hal ini disebabkan segmentasi pasar yang baik dan harga yang relatif stabil,” terang Liferdi.

Baca Juga :   Sistem Kluster Tambak Udang Di Aceh Tunjukan Trend Positif

Dalam konteks pelestarian, Dedek Setia Santoso, seorang breeder anggrek berpengalaman, menekankan bahwa anggrek merupakan kekayaan plasma nutfah yang harus dilestarikan.

Lebih jauh, Dedek mendorong agar penangkar, pecinta, dan kolektor anggrek aktif meningkatkan kualitas sumber daya manusia demi mendukung kebijakan pemerintah dan perkembangan industri anggrek di Indonesia.

“Pameran dan pelatihan ini sebagai kunci penting untuk menjaga eksistensi anggrek nusantara. Peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi krusial dalam mendukung kebijakan pengembangan Kampung Flori oleh Kementerian Pertanian,” kata Dedek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.