Pohon Putat, Tumbuhan Liar Dengan Habitatnya Di Sekitar Hutan

oleh -78 views
istockphoto-1310599751-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pohon putat merupakan salah satu jenis pohon yang tumbuh secara liar. Biasanya jenis pohon tersebut dapat mudah dijumpai pada wilayah iklim tropis.

Pohon ini memiliki nama Ilmiah Planchonia Valida yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Lecythidaceae. Di Indonesia, penyebaran pohon ini sudah cukup terbilang luas diberbagai daerah.

Secara morfologi, pohon putat dapat tumbuh hingga mencapai ukuran tinggi yang berkisar antara 50 meter dengan diameternya hingga mencapai kisaran 200 cm.

Lebih lanjut, batang pohon tersebut berbentuk tegak dengan permukaan batang yang bergulir. Biasanya batang tersebut berwarna cokelat, adapun batang ini juga memiliki tekstur yang cukup keras dari pohon disekitarnya.

Baca Juga :   Ini 3 Pulau Di Indonesia Dengan Ekosistem Hutan Mangrove Terluas

Selain itu, pohon putat ini juga memiliki daun bersifat tunggal dengan bentuknya bulat telur. Daun ini berwarna hijau, namun warna daun putat ini cenderung berubah menjadi kemerahan jika daun ini telah mengering.

Lebih jauh, daun putat ini memiliki tekstur tipis seperti kertas dengan tepian daun yang cenderung bergerigi. Biasanya daun ini bisa digunakan untuk pengobatan alternatif, hal ini merujuk pada kandungan daun yang bermanfaat.

Sementara itu, pohon putat ini tumbuh secara liar yang biasanya memiliki habitat pada berbagai wilayah hutan yang dimulai dari hutan tropis maupun primer. Adapun pohon ini dapat tumbuh dengan ketinggian tanah yang berkisar antara 300 meter diatas permukaan laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.