Manfaatkan Teknologi, Jurus Jitu Optimalkan Budidaya Lobster Di Lampung

oleh -9 views
Ilsutrasi Lobster - Foto : Istock
Ilsutrasi Lobster - Foto : Istock

Panennews.com – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, membuka Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Strategi Pengembangan Lobster Menuju Lampung Sentra Lobster, bertempat di Hotel Novotel, Senin (06/11/2023).

Gubernur Lampung menyebutkan bahwa budidaya lobster, saat ini masih belum cukup bisa berkembang di Provinsi Lampung, masih membutuhkan lebih banyak riset dan inovasi.

“Kita juga membutuhkan teknologi dan ilmu pengetahuan yang bisa kita terapkan, untuk mengoptimalkan budidaya lobster di Lampung,” ucapnya.

Selain itu, Gubernur Lampung juga juga meyakini dengan teknologi yang akan diaplikasikan terhadap budidaya lobser akan meningkatkan ekspor dan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Karena saya yakin, kalau kita bisa menguasai teknologi dan ilmu budidaya lobster ini, maka komoditas laut yang banyak di-ekspor ini, akan menjadi salah satu sektor pendorong penting pertumbuhan ekonomi daerah,”tambahnya.

Baca Juga :   Kembangkan Budidaya Udang Integrasi, KKP Gandeng Guandong Evergreen

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Lampung menyambut baik dan menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan FGD ini.

“Saya menyambut baik forum pada hari ini. Kepada para peneliti, akademisi, dan praktisi perikanan, saya mengajak untuk bersama-sama, kita kembangkan lobster ini, sebagai salah satu komoditas unggulan ekspor dari Provinsi Lampung,” ucapnya.

Oleh karena itu, pengembangan lobster dan sumber daya kelautan lainnya sangat penting, karena Provinsi Lampung memiliki panjang garis pantai mencapai 1.345,20 kilo meter, sehingga berpeluang untuk dikembangkan dan memberikan manfaat untuk masyarakat.

Menurut Gubernur, selain pemanfaatan teknologi untuk kemakmuran rakyat, yang juga harus diperhatikan adalah kelestariannya.

“Kita tidak boleh mengeksploitasi, dengan cara yang merusak alam. Merusak laut kita itu tidak boleh. Dengan mengenal konsep Ekonomi Biru, hal bagus bisa dikembangkan, dalam pendekatan untuk memanfaatkan sumber daya laut kita, secara optimal dan berkelanjutan,” pungkasnya.

Baca Juga :   KKP Akan Atur Budidaya Dan Pengkajian Stok Jenis Ikan Baru

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, mengatakan dalam pengelolaan sumber daya lobster berkelanjutan disarankan untuk menjaga ekosistem perairan laut.

Lebih lanjut, laut merupakan yang menjadi habitat seluruh siklus hidup lobster tetap sehat, terhindar dari pencemaran dan jenis-jenis perusakan lingkungan lainnya.

Restocking dan pengembangan budidaya lobster secara berkelanjutan, ekspor BBL secara berkelanjutan juga diperlukan. Ekspor BBL secara ketat, terkendali serta terbatas perlu diperhatikan, adapula pengembangan ekosistem Integrated Supply Chain Management System Provinsi Lampung sangat diperlukan” tutup Rokhmin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.