Jarang Diekspos, 3 Provinsi Ini Penghasil Buah Semangka Terbanyak Di Indonesia

oleh -28 views
semangka_di_pasar
Foto : Panen News

Panennews.com – Buah semangka tentunya sudah tidak asing lagi keberadaannya, buah ini kerap jadi favorit kalangan masyarakat karena memiliki cita rasa manis serta menyegarkan.

Di sisi lain, ada 3 Provinsi di Indonesia yang menghasilkan buah semangka dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini jarang sekali orang mengetahuinya, adapun 3 Provinsi tersebut diantaranya.

Jawa Timur

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi ini merupakan salah satu penghasil buah semangka terbanyak. Adapun buah semangka yang dihasilkan oleh Jawa Timur dapat dikisarkan antara 97,357 ton. Selain itu, Provinsi Jawa Timur juga memiliki wilayah strategis untuk membudidayakan buah yang mempunyai daging merah tersebut.

Baca Juga :   4 Fakta Unik Yang Ada Pada Tanaman Kopi

Jawa Tengah

Provinsi ini menempati posisi kedua penghasil buah semangka di Indonesia. Pasalnya, menurut data BPS Jawa Timur bisa menghasilkan buah semangka dalam jumlah yang cukup banyak. Adapun jumlah yang dihasilkan Provinsi tersebut biasanya berkisar antara 59,837 ton pada masa panen akhir-akhir 2023 ini. Selain itu, Jawa Tengah juga jadi wilayah dengan penanaman buah semangka terbanyak di Pulau Jawa.

Sumatera Utara

Provinsi yang ada di Indonesia ini, juga merupakan penghasil buah semangka terbanyak. Menurut data Kementerian Pertanian, Sumatera Utara bisa menghasilkan buah semangka dalam setahun berkisar antara 29,414 ton. Selain itu, Provinsi ini juga mayoritas sebagian besar masyarakatnya memiliki tanaman semangka. Oleh sebab itu, Sumatera Utara juga jadi penghasil buah semangka terbanyak Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.