Pelajar Jepara Ciptakan Virosa, Pengawet Ikan Alami

oleh -31 views
Siswa SMP N 1 Jepara pamer prestasi (Panennews.com/Ahmad M)

Panennews.com – Siswa SMP N 1 Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, berhasil berinovasi pengawet ikan pengganti garam atau virosa.

Virosa adalah akronim dari Vinegar Roti Kedaluwarsa. Virosa ini sebagai bahan pengawet alami untuk makanan juga mengawetkan ikan segar.

Virosa berupa cairan atau cukak yang dihasilkan dari roti yang sudah kedaluarsa yang diproses sedemikian rupa.

Kepala Sekolah SMPN 1 Jepara, Basuki mengatakan, inovasi ini sesuai dengan kondisi Jepara, yaitu wilayah kemaritiman penghasil perikanan.

“Lantaran ini siswa tersebut berhasil memperoleh medali perak ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat nasional di Menara Peninsula Hotel Jakarta,” ujarnya, Senin (13/11/2023).

Baca Juga :   Penerapan Digitalisasi Pasar Rakyat, Mendag Zulkifli Pastikan Lebih Efisien

Disebutkan, ajang bergengsi tersebut digelar 6-11 November 2023. Adapun siswa yang berhasil meraih penghargaan itu adalah Sheila Anavisa Pawesti dan Altafunnisa Namira Asyari.

“Jika ikan hanya diawetkan dengan garam mampu bertahan sekitar dua hari saja. Namun dengan virosa hasil karya siswa SMP N 1 Jepara ini, mampu bertahan lima hingga enam hari,” terangnya.

Basuki berharap, ada penelitian yang lebih besar lagi, agar Virosa ini bisa diproduksi lebih besar lagi, untuk pengawetan ikan.

“Jika mau dikembangkan butuh tim yang lebih besar. Termasuk industri yang siap mendanai hasil penelitian ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.