Ekspor Daun Talas Ke Amerika, Jadi Nilai Tambah Ekonomi Masyarakat Banten

oleh -48 views
Ilustrasi Daun Talas
Foto : Pixabay

Panennews.com – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar memberangkatkan pengiriman ekspor cacahan daun talas beneng ke Amerika Serikat.

Ekspor yang dilakukan oleh CV UNNI Talas Beneng itu dinilai turut memberikan nilai tambah bagi para petani talas beneng.

“Talas benang merupakan komoditi yang punya masa depan jauh dan luas,” ungkap Al Muktabar di pengolahan talas beneng CV UNNI Talas Beneng, Kelurahan Gelam, Cipocok Jaya, Kota Serang, Senin (13/11/2023).

“Semoga memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat Banten, khususnya untuk mensejahterakan masyarakat” tambahnya.

Baca Juga :   Kementan RI Kucurkan Bantuan Senilai Rp1,28 M untuk Petani Terdampak Banjir Pati

Dikatakan, Pemerintah Provinsi Banten terus mendorong produk pertanian untuk terus dikembangkan menjadi produk ekspor. Segala potensi pertanian yang ada, akan dikembangkan.

“Talas beneng komoditi yang dikembangkan pertama kali di Provinsi Banten. Talas benang menghasilkan daun dan umbi yang bisa menjadi bahan pangan pengganti beras. Ini komoditi yang sangat potensial ke depan dan bernilai ekonomi tinggi,” ungkap Al Muktabar.

Masih menurut Al Muktabar, hilirisasi daun talas beneng masih pada tahap perajangan untuk diekspor. Ke depan, bagaimana kita ke tingkat produksi paling hilir.

Baca Juga :   El Nino Masih Terjadi, Pemkab Aceh Ajak Masyarakat Manfaatkan Pompanisasi

“Tadi dari Kementerian Pertanian juga menyampaikan hasil-hasil risetnya dan memandu komoditi ini agar memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” tambahnya.

Dijelaskan, talas benang bisa menjadi tanaman tumpang sari untuk lahan-lahan yang ada dan tidak mengganggu tanaman utama. Talas benang menghasilkan daun, batang, dan umbi yang semuanya bisa memiliki nilai ekonomis.

“Bila tanaman ini terus kita dorong, bisa berkontribusi terhadap tata ekonomi masyarakat. Bisa dilakukan dengan sistem plasma ataupun dikembangkan di pekarangan-pekarangan rumah masyarakat,” ungkap Al Muktabar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.