Karnaval Sapi Tunggang Di Boyolali, Ramaikan Bisnis Di Sektor Peternakan

oleh -10 views
Hewan Sapi
Ilustrasi Hewan Sapi - Foto : Panen News/Amar

Panennews.com – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali menggelar Bazar UMKM yang diikuti 50 stand produk UMKM dan peternakan lokal.

Pembukaan acara dimeriahkan dengan karnaval sapi tunggangan yang disaksikan oleh Bupati Boyolali M. Said Hidayat, Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan, Ketua DPRD Boyolali Marsono, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Boyolali Desy Adiwarni M. Said Hidayat dan Nuning Wahyu Irawan.

Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali Lusia Dyah Suciati menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan secara meriah ini sekaligus memperingati Hari Pangan Sedunia ke – 43.

Dan Hari Ikan Nasional ke -10 dengan diadakannya lomba ikan hias Channa, dan Hari Rabies sedunia dengan membuka stan kesehatan hewan gratis, berupa vaksinasi rabies bagi kucing dan anjing.

Lebih lanjut, Ia mengaku diselenggarakannya acara ini merupakan untuk memotivasi para peternak dan para pelaku produk hewan yang ada di Boyolali.

Baca Juga :   Pergub NTB Tata Niaga Beras dan Gabah Selamatkan Petani Produsen

“Harapan kami Bulan Bakti ini tidak diselenggarakan hanya sekali ini tetapi secara rutin menjadi image Boyolali atau image masyarakat bahwa Boyolali punya potensi sektor peternakan, juga sekaligus perikanan yang luar biasa, ketika kita mampu menampilkan produk-produk lokal kita,” ungkapnya, Selasa (10/10/2023)

Dikatakan olehnya, jumlah sapi di Boyolali sebelum terserang wabah PMK sebanyak 207.160 ekor sapi perah dan potong, sedangkan setelah wabah PMK berkurang 20 persen menjadi 161.111 ekor.

Selain itu, untuk meramaikan acara pada hari pertama, dikeluarkan pula 20 ekor sapi tunggangan untuk dijadikan potensi wisata di Kabupaten Boyolali. Kemudian pada Rabu pagi akan dikonteskan sapi indukan dara dalam rangka pencarian indukan berkualitas.

Baca Juga :   Cetak Wirausaha Muda UMKM, Kemenkop UKM Gandeng Universitas Dan Siapkan Reset

“Kami bisa mengangkat pembangunan sektor peternakan dan perikanan yang di Boyolali ini untuk lebih meningkat, juga bagi masyarakat kami lebih tahu potensi-potensi peternakan dan perikanan yang ada di Boyolali. Di dalamnya kami selipkan juga sosialisasi produk daging ikan dan susu. Ini sangat bagus untuk kualitas generasi yang akan datang,” terang perempuan yang akrab disapa Lusi tersebut.

Sementara itu, bupati Said yang membuka acara tersebut sangat mengapresiasi kegiatan peringatan Bulan Bakti Peternakan Ke – 187.

Lebih jauh, Ia berharap terselenggaranya acara ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Boyolali terutama untuk ketahanan pangan usaha atau bisnis di sektor peternakan dan perikanan.

“Semoga dapat memberikan dampak positif menjadi satu pendorong pada dunia bisnis peternakan di Kabupaten Boyolali,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.