Gencarkan Patroli Rutin, Upaya Pemerintah Kendalikan Karhutla Di Masa El Nino

oleh -7 views
medium_q_WZJ_Whats_App_Image_2023_10_09_at_13_10_06_3de54d5440
Foto : Dok. KLHK

Panennews.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD memimpin langsung Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus).

Adapun rapat ini untuk Peningkatan Upaya Penanggulangan Karhutla pada Masa El Nino Tahun 2023 di Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Peserta rapat terdiri dari para Menteri dan Kepala Lembaga, Gubernur wilayah rawan karhutla beserta Pangdam/Danrem dan Kapolda, Kepala Kejaksaan Tinggi, para pelaksana teknis lapangan BPBD, serta para Kepala UPT Kementerian LHK.

Menko Mahfud MD, menyampaikan bahwa sebagaimana prediksi BMKG pada awal tahun 2023 lalu, saat ini Indonesia sedang menghadapi iklim kering akibat fenomena El-Nino seperti halnya pada tahun 2015 yang menyebabkan peningkatan kejadian karhutla.

Baca Juga :   Jarang Yang Tahu, Ternyata Buah Ini Tumbuh Subur Di Hutan Dan Aman Dikonsumsi

“Dari laporan rutin yang saya terima dari Kementerian LHK, peningkatan ini benar-benar nyata terjadi, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hotspot, luas areal terbakar, serta terjadinya kabut asap di beberapa provinsi seperti Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan yang mayoritas juga merupakan kawasan gambut,” ujar Menko Mahfud MD.

Lebih lanjut, menyikapi perkembangan karhutla yang luar biasa pada masa El-Nino ini, Menko Mahfud MD menegaskan bahwa semua pihak perlu mengambil langkah yang lebih masif.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada seluruh Kementerian/Lembaga, Panglima TNI dan Kapolri, Kepala Daerah, Pangdam, Danrem, Kapolda dan perusahaan serta masyarakat untuk semakin meningkatkan kerjasama dan saling bahu membahu dalam upaya untuk menanggulangi karhutla sebagaimana amanat Inpres No. 3 Tahun 2020.

Baca Juga :   Wamentan Harap Alih Fungsi Lahan Tak Ganggu Produksi Pangan Nasional

Selain itu, Menko Mahfud MD juga meminta para pihak untuk memonitor kejadian karhutla dengan menggunakan berbagai potensi sumber daya yang ada di wilayah masing-masing.

Serta meningkatkan patroli rutin bersama oleh Brigade Penanggulangan Karhutla yang ada di UPT KLHK, Brigdalkarhutla di KPH, TNI/Polri, serta para stakeholder pemegang izin pemanfaatan lahan.

“Manfaatkan teknologi untuk memantau titik hotspot agar selalu update dengan perkembangan karhutla, hal itu kita barengi dengan patroli rutin antar lembaga keamanan untuk mencegah karhutla di masa el nino ini ” pinta Menko Mahfud MD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.