Cegah Stunting, Pemkot Surabaya Ajak Anak-Anak Gemar Makan Ikan

oleh -14 views
gurame-bakar-madu-grilled-gourami-with-honey-soy-sauce-served-with-sambal-chilli-sauce_583400-768
Foto : Freepik

Panennews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Ketua Tim Penggemar (TP) Rini Indriyani menggelar Lomba Cipta Menu Olahan Ikan.

Hal ini dalam Rangka Gerakan Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan (Gemarikan), di Halaman Kantor PKK Kota Surabaya, Senin (23/10/2023).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kegemaran anak-anak Kota Pahlawan dalam mengkonsumsi olahan ikan untuk mencegah stunting.

Setelah melalui tahap penjurian, tibalah pengumuman pemenang Lomba Cipta Menu Olahan Ikan. Juara 1 diraih oleh Kecamatan Krembangan, Juara 2 diraih oleh Kecamatan Semampir, dan Juara 3 berhasil diraih oleh Kecamatan Gayungan.

Sedangkan untuk juara harapan, berhasil diraih oleh Kecamatan Asemrowo, Kecamatan Kenjeran, dan Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya.

Ketua TP PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan guna mendorong para ibu-ibu meningkatkan kreasi cipta menu olahan ikan.

Baca Juga :   Tinjau Gudang Bulog, Presiden Sebut Stok Beras Nasional Capai 1,6 Juta Ton

Lebih lanjut, menu yang beragam setiap tahunnya akan dibagikan melalui Puspaga maupun Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) yang ada di setiap Balai RW.

“Kita kolaborasikan dengan DP3A-PPKB Surabaya agar resep menu tersebut bisa dibagikan kepada orang tua yang memiliki balita. Tahun ini, menu yang kita lombakan adalah ikan kembung. Ikan itu sangat murah sekali dan mudah didapat sehingga tidak alasan tidak mengkonsumsi protein ikan,” kata Ketua TP PKK Rini Indriyani.

Di tahun 2023, Lomba Cipta Menu Olahan Ikan turut mengangkat menu lokal khas Kota Surabaya. Seperti Lontong Balap, Tahu Campur, hingga Rujak Cingur. Menu lokal khas Kota Surabaya itu dikreasikan dengan bahan dasar ikan kembung.

Baca Juga :   3 Buah Ini Bisa Menurunkan Kolesterol Usai Makan Daging Kurban

“Sudah dipraktekkan, tadi ada Lontong Balap dan Lento dari ikan kembung, ternyata enak. Kreasi-kreasi inilah harapkan bisa menjadi unggulan makanan Kota Surabaya,” jelasnya.

Dengan demikian diharapkan anak-anak Kota Pahlawan gemar makan ikan, bahkan ke depan akan digelar kegiatan makan ikan bersama dengan para orang tua.

“Targetnya semua anak Surabaya suka makan ikan, maka harus dimulai dulu dari orang tuanya. Kita galakkan makan ikan bersama, nanti kita adakan makan ikan bersama untuk para orang tua,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.