Agar Gemuk Maksimal, Begini Cara Pemberian Pakan Sapi Jaliteng

oleh -10 views
cow-1644166_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Sapi jaliteng merupakan salah satu jenis sapi lokal yang saat ini cukup populer sebagai hewan ternak. Biasanya keberadaan jenis sapi ini cukup mudah ditemukan pada wilayah Pulau Jawa hingga Sumatera.

Keunggulan sapi tersebut memang cukup mudah dalam perawatan serta cukup tergolong mudah dalam proses penggemukannya. Namun agar lebih gemuk tersebut maksimal, dibutuhkan beberapa cara dalam pemberian pakannya.

Pada dasarnya, pakan untuk sapi jaliteng ini harus mengandung sejumlah nutrisi hingga vitamin. Adapun hal tersebut untuk memenuhi gizi sapi jaliteng, biasanya kandungan nutrisi pada pakan sapi jaliteng meliputi protein, karbohidrat, serat kasar, serat abu, berbagai mineral, hingga air.

Baca Juga :   Indonesia Berhasil Ekspor Telur Ayam Konsumsi Ke Singapura

Selain itu, pakan sapi jaliteng juga harus mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, K, B, B12, hingga vitamin B kompleks. Pasalnya, beberapa senyawa nutrisi hingga vitamin tersebut disinyalir dapat berfungsi sebagai pemenuhan gizi sapi jaliteng. Dengan begitu, sapi jaliteng akan tercukupi kebutuhan gizinya agar cepat gemuk hingga memiliki bobot yang besar.

Sementara itu, pemberian pakan untuk sapi jaliteng agar gemuk maksimal biasanya dapat dilakukan dalam kisaran waktu sehari 3 kali. Adapun pemberian pakan ini biasanya berkisar antara pagi, siang, hingga menjelang malam hari.

Baca Juga :   Cegah Hama Penyakit, Barantan Musnahkan Komoditas Ilegal

Lebih lanjut, agar semakin maksimal lagi. Pemberian pakan ini bisa dicampur dengan beberapa vitamin ternak, hal ini untuk merangsang pertumbuhan sapi jaliteng agar lebih meningkat lagi bobotnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.