3 Jenis Kopi Robusta Asal Batang, Wakili Jawa Tengah Di Coffee Expo

oleh -14 views
Ilustrasi Biji Kopi
Foto : Pixabay

Panennews.com – Komunitas pecinta kopi di Kabupaten Batang bernama Batang Coffee dipilih oleh Provinsi Jawa Tengah untuk mewakili acara Indonesia Coffee Expo di Jakarta.

Hanya ada 2 Industri Kecil Menengah (IKM) yang dikirim oleh Provinsi Jawa Tengah yakni Batang Coffee dan Banjarnegara melalui pemantauan akurasi kopi dari Disperindag Provinsi Jawa Tengah.

Indonesia Coffee Expo diselenggarakan mulai tanggal 12 hingga 15 Oktober 2023 yang terdapat 52 stand kopi diberbagai daerah di Indonesia.

“Iya, kami terpilih IKM Jateng untuk ikut bergabung dalam acara Jakarta Coffee Expo ini dilihat hasil kopinya sangat baik,” kata Founder Batang Coffee Rifani Zuniyanto saat ditemui di Jalan Ngebong, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Minggu (15/10/2023).

Baca Juga :   Ekspor Lada Meningkat, Barantan Dorong Akses Pasar Internasional

Lebih lanjut, Ada 3 jenis kopi robusta yang dibawa yaitu kopi robusta grade pertama, kopi robusta natural proses, dan kopi robusta fullwash.

“Produk kopi robusta itu menjadi andalan untuk menarik para pengunjung pada acara Indonesia Coffee Expo. Hal positif yang bisa diambil dalam acara ini, kami bisa mempromosikan kopi premium robusta Kabupaten Batang kepada masyarakat luas, terutama kebanyakan yang datang adalah orang luar negeri,” jelasnya.

Dengan ikutnya kami memiliki potensi mendapatkan buyer lebih besar, sehingga pada panen tahun depan itu sudah ada yang menerima kopi premium Kabupaten Batang.

Baca Juga :   Tingginya Ekspor Kopi, Kementan Perkuat Produktivitas Benih Kopi Di Samosir

Selain itu, Ia juga mengatakan, bahwa kemarin sudah ada pembicaraan dengan orang dari Korea, Cina, Rusia, dan Belgia yang berminat menjadi buyer pada tahun depan.

Lebih jauh, Ia berharap, mudah-mudahan pembicaraan ini ada tindaklanjutnya serta ada beberapa exportir Indonesia yang sudah berpengalaman juga berminat, tinggal bagaimana panen tahun depan sebanyak apa dan harganya berapa supaya bisa cocok.

“Mudah-mudahan ke depannya kopi robusta Kabupaten Batang mendapatkan pasar potensial agar dapat melakukan expor di luar negeri,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.