Tercemar Limbah Sisa Pemotongan Hewan, Saluran Irigasi Subak di Denpasar Dibersihkan

oleh -30 views
Suasana pembersihan pembersihan salurah irigasi di Subak Pakel II
Suasana pembersihan pembersihan salurah irigasi di Subak Pakel II, Denpasar, Bali. (Panennews.com/Agung Gede)

Panenennews.com– Aparatur Desa Ubung Kaja terdiri dari Pekaseh, Kepala Lingkungan, dan Tim PUPR Kota Denpasar melaksanakan pembersihan saluran irigasi di Subak Pakel II  agar saluran irigasi kembali normal.

Saluran irigasi tersebut sempat tercemar akibat terdampak limbah sisa pemotongan hewan.

Perbekel Desa Ubung Kaja, I Wayan Astika menjelaskan kondisi ini sangat mengganggu baik petani maupun masyarakat sekitar lantaran bau tidak sedap yang ditimbulkan.

Menyikapi kondisi tersebut pihaknya langsung berkordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari Pekaseh, Kepala Lingkungan, Tim Kecamatan hingga Tim PUPR Kota Denpasar untuk melaksanakan pembersihan.

Baca Juga :   Irigasi Tenaga Surya Bikin Desa Ini Bisa Panen 3 Kali Setahun

“Tadi kita bersama seluruh Tim dibantu Pak Sekcam (sekretaris camat) dan Tim PUPR sudah melaksanakan aksi kebersihan, sehingga saluran irigasi di Subak Pakel II kembali normal,” jelasnya, Minggu (3/9/2023).

Dirinya menyampaikan, penemuan limbah sisa pemotongan hewan tersebut bermula dari bau menyengat. Sehingga dilaksanakan pengecekan untuk selanjutnya dilaksanakan pembersihan.

Astika juga mengajak semua pihak, terutama masyarakat yang berada di hulu untuk tidak membuang sampah, terlebih limbah sisa pemotongan hewan. Hal ini lantaran saluran irigasi masih dimanfaatkan oleh petani setempat untuk mengairi sawah.

Baca Juga :   Bantuan Keramba Budidaya, Tingkatkan Produktivitas Perikanan Di Sukoharjo

“Tentu kami sudah berkordinasi dengan semua pihak, besar harapan kejadian ini tidak terulang lagi, mari kita bersama menjaga dengan tidak membuang sampah dan limbah di saluran irigasi, terlebih saluran yang dimanfaatkan untuk mengairi lahan persawahan,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.