Mentan Syahrul Yasin Limpo Beri Apresiasi Petani Cabe Lombok Timur

oleh -9 views
Panen-cabe-Mentan-di-Lotim
Menteri Pertanian Dan Para Petani Melakukan Panen Cabe Di Lombok Timur (Panennews.com/Pemda Lombok)

Panennews.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyambut baik para petani Lombok Timur ditengah el Nino.

Pasalnya, yang terjadi saat ini bisa menyiasatinya dengan menanam cabe dan berhasil melakukan panen raya bersama.

Selain itu, Mentan juga salut atas kesuburan bumi Lombok Timur yang dimanfaatkan maksimal oleh petaninya untuk menanam tanaman yang bernilai ekonomis tinggi bagi masyarakat.

Apresiasi itu diberikan Mentan saat melakukan panen raya cabe di Kelurahan Kelayu Jorong, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur, Kamis (14/09/2023).

Menurut Mentan, tidak hanya cabai, beragam komoditas dapat tumbuh dengan baik di tanah yang subur. Ia meminta masyarakat tetap mempertahankan dan melestarikan alam.

Baca Juga :   Indonesia Peringkat Dua Produktivitas Padi Negara-negara FAO

Melihat kondisi alam itu pula ia mengingatkan banyak lapangan pekerjaan tersedia, khususnya di sektor pertanian.

“Pertanian adalah kekuatan bangsa, jago pertanian, kokoh bangsa Indonesia, termasuk di Lombok Timur,” kata Menteri.

Lebih lanjut, Ia menambahkan berkat pertanian pula, selama tiga tahun terakhir inflasi Indonesia terendah di dunia, sebab pertanian tetap terjaga, termasuk sepanjang pandemi covid-19. Dan bidang pertanian dan petani khususnya merupakan pahlawan.

“Petani tidak pernah takut dengan covid-19, jadi petani itu adalah pahlawan bangsa. Saya sampaikan terima kasih yang tulus kepada para petani,” katanya.

Mentan juga memberi catatan, bahwa potensi Lombok Timur dengan luas tanam 28 ribu hektar, dan musim tanam 2-3 dalam setahun, menghasilkan 300 ribu ton gabah setara 180 ribu ton beras. Kondisi ini patut disyukuri sebab masyarakat tidak perlu khawatir soal pangan. Terlebih didukung kekompakan dan sinergi semua pihak.

Baca Juga :   Libatkan Petani Muda, HIPMI Dukung Kementan Perkuat Produksi Pertanian

Oleh karena itu, Mentan berharap masyarakat dapat memanfaatkan potensi yang ada, termasuk hasil produksi pertanian guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

Mentan bersama sejumlah Forkompinda Lombok Timur dan para petani juga melakukan penanaman bibit cabai. Mentan dan rombongan juga menyimak pemaparan kelompok tani terkait analisis usaha pertanian cabai oleh petani, serta meninjau stand pameran hasil pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.