KKP Serahkan Bibit Ikan Kuwe, Upaya Bangkitkan Ekonomi Pembudidaya

oleh -40 views
KKP Latih Bumdes Ambon Kembangkan Usaha Pembudidaya Ikan 3
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan pendampingan kepada Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Gemilang Desa Poka melalui pengembangan SMART Fisheries Village (SFV).

Adapun dalam hal ini, KKP menyerahkan 10.500 Bibit Ikan Kuwe kepada Bumdes Gemilang Desa Poka dan 350 ekor untuk masing-masing 20 kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di Desa Poka.

“Penyerahan bibit ini bukan bantuan gratis dari pemerintah, tetapi sebagai pengungkit perekonomian pembudidaya perikanan. Akan ada pembayaran PNBP dan sisa dari pembayaran tersebut merupakan keuntungan bagi para pokdakan (kelompok pembudidaya ikan),” terang Kepala BPPP Ambon, Abu Bakar, Minggu (03/09/2023).

Baca Juga :   Jenis Pakan Neon Tetra Yang Bisa Bikin Produktivitasnya Meningkat

Lebih lanjut, Abu Bakar berharap dengan adanya pengembangan Kawasan SFV Desa Poka ini, dapat memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat dan terkhusus pokdakan sehingga dapat lebih maju, mandiri dan sejahtera.

Selain itu, Kepala Desa Poka, sekaligus Penasihat BUMDes Gemilang, Marthina Kelbulan, pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama BPPP Ambon atas terlaksananya program ini sampai ke tahap pemberian bibit ikan kuwe kepada 20 Pokdakan yang ada dikawasan SFV.

“Ini merupakan pertama kalinya usaha bumdes menyentuh sektor perikanan. Kami banyak belajar dari BPPP Ambon dalam pengembangan kawasan SFV Desa Poka, sehingga kami dapat menyusun program yang benar-benar prioritas untuk kemajuan dan kesejahteraan kelompok,” ucap Marthina.

Baca Juga :   Menteri Trenggono: Sekolah Perikanan Harus Bangunkan Jiwa Wirausaha Generasi Muda

Sementara itu, Ketua Pokdakan Umegapen mengatakan bahwa pengembangan Desa Poka sebagai kawasan SVF, sangat berdampak kepada kelompoknya.

Lebih jauh, adapun bibit yang diberikan oleh BPPP Ambon dan pendampingan yang dilakukan oleh penyuluh perikanan juga memberikan motivasi dan semangat untuk lebih maksimal lagi menjalankan usaha budidaya ikan pada KJA agar lebih maju, berkembang, dan mandiri.

“Kami siap untuk mendukung dan melaksanakan program pemerintah terkait SVF di kawasan Desa Poka ini dan kami sangat berterima kasih terhadap bantuan yang diberikan,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.