Mentan Kagumi Pengolahan Sorgum di NTB, Harap Gantikan Kebutuhan Gandum Nasional

oleh -6 views
download (34)13
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengaku kagum NTB sudah sampai mengolah sorgum sampai tahap akhir dengan ragam produk makanan.

Kekaguman mantan Gubernur Sulsel dua periode tersebut disampaikannya saat nmengunjungi Tabeta Sorgum, Selagalas, Kecamatan Cakranegara, kota Mataram, Sabtu (11/8/2023).

Dalam hemat Yasin Limpo, Indonesia memiliki lahan tropis yang mudah dibudidayakan, sorgum diharapkan dapat menggantikan kebutuhan gandum nasional.

Irwan, pengelola dan pengusaha mengatakan, Tabeta Sorgum mengolah sorgum mulai tahap awal penyediaan bibit, pengembangan sampai pengolahan akhir. Mulai 2009 pihaknya mengembangkan sorgum di lahan 1.213 Ha milik petani se-NTB.

Baca Juga :   Srumpung Jadi Primadona, Lahan Tembakau di Pati Capai 450 Hektare

“Tahun ini kita menambah 623 Ha di Lombok Timur dan 50 Ha di Loteng dan tahun ini kita menghasilkan 3,5 ton bibit,” ujarnya.

Lebih jauh disampaikannya, tanaman sorgum ini sangat bernilai ekonomis terlebih jika dikaitkan dengan ketahanan pangan pengganti bahan makanan pokok.

Hasil pengolahan sorgum di Tabeta sendiri berupa produk pangan, pakan dan lain lain seperti kue kue, beras sorgum, gula cair dan bahan makanan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.