Vanili Lombok Sasar Pasar Ekspor, Optimis Pertanian NTB Maju Pesat

oleh -4 views
UD Rempah Vanili
Itjen Kementan RI Jan S Maringka berkunjung ke UD Rempah Vanili milik Muhir Ali di Lombok Tiur. (Panennews.com/Istimewa)

Panennews.com – Pengembangan bisnis vanili di NTB, khususnya di Lombok Timur, perlu didorong. Produksi vanili Lombok Timur cukup menjanjikan dalam sistem pertanian dan perkebunan.

Salah satunya UD Rempah Organik Lombok merupakan salah satu unit usaha yang bergerak di bidang jual beli hasil perkebunan berupa vanili segar dan kering.

Vanili itu dibeli dari sejumlah kelompok petani selanjutnya di ekspor ke Amerika, Eropa, dan beberapa negara di Asia, salah satunya Jepang.

“Ini merupakan wujud dari kemandirian kita dalam memanfaatkan hasil pertanian dan perkebunan. Kami optimistis pertanian NTB akan maju pesat,” kata Jan Maringka saat mengunjungi UD Rempah Vanili di Lombok Timur, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga :   Kementan Dukung Perluasan Akses Pasar Internasional Ekspor Buah

UD Rempah Vanili yang dikelola oleh pengusaha setempat, Muhir Ali berdiri sejak 2013, UD Rempah Organik Lombok menyajikan produk berkualitas internasional. Perusahaan ini menerapkan harga yang berlaku di pasar Internasional. Tentu dengan menerapkan harga premium dan bonus sosial.

Jan Maringka mengakui tidaklah mudah memperoleh tempat di pasar Internasional. Meski demikian mantan Kajati Sulsel ini mengapresiasi keberadaan usaha yang memiliki visi untuk menunjukkan ke pasar dunia bahwa komoditas berupa vanilla beans yang di hasilkan dari Pulau Lombok mendapatkan tempat tersendiri di pasar dunia.

“Tidak hanya kualitas vanilla beannya saja yang tinggi, terpenting bagaiman petani bisa menjalin kerja sama antar petani dengan tujuan meningkatkan pendapatan petani untuk menjadi sejahtera dan bagaimana petani mengolah lingkungan sehingga ekosistem tetap terjaga,” harap Maringka.

Baca Juga :   Program JUT Di Garut, Dorong Komoditas Pertanian Berorientasi Ekspor

Perusahaan ini membangun kerja sama dengan dengan petani, lembaga Pemerintah Indonesia, Lembaga pemerintah Luar Negeri terutama negara tujuan ekspor, lembaga non-pemerintah international dan beberapa perusahan pembeli produk yang dijual oleh UD Rempah Organik Lombok.

Sebagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diketuai oleh Muhir Ali, perusahaan ini bergerak secara sistematis. Perusahaan ini membangun kemitraan dengan petani organik. Diketahui ada tiga kelompok tani vanili di dua kabupaten di Pulau Lombok yakni di Lombok Timur dan Lombok utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.