KKP Kembangkan Budidaya Ikan Kakap Di Pulau-Pulau Kecil

oleh -31 views
Fresh red snappers ready to cook
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengoptimalkan potensi pengembangan budidaya ikan kakap putih sebagai peluang usaha bagi masyarakat pulau kecil di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Salah satu daerah yang punya potensi besar untuk pengembangan budidaya kakap putih adalah Kecamatan Rangsang Barat, di yang Pulau Rangsang termasuk sebagai pulau kecil terluar di Indonesia.

“Di Kabupaten Kepulauan Meranti mempunyai perairan yang dengan salinitas atau kadar garam yang terlarut dalam air yang cocok untuk habitat kakap putih,” jelas Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu, Kamis (10/08/2023).

Lebih lanjut, adapun Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki wilayah laut yang luas dengan potensi budidaya perikanan sebesar 1.350 hektare. Selain perairan yang baik, pakan yang berasal dari ikan rucah juga mudah dijumpai dengan harga terjangkau.

Baca Juga :   Ketahui Jenis-Jenis Ayam Kalkun Yang Mudah Di Budidayakan

“Dengan harga jual mencapai Rp60-Rp70 ribu per kilo, saya kira margin yang didapat para pembudidaya sangat besar, dan saya kira ini sangat layak sekali untuk dikembangkan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Samudra Jaya Bersama, Muhammad Rauf sudah merasakan besarnya keuntungan mmenjadi pembudidaya kakap putih. Berkat budidaya ikan kakap putih ia mengaku perekonomiannya meningkat signifikan. Bahkan bukan hanya dia, namun juga anggota kelompoknya.

Selain pengembangan usaha budidaya ikan kakap putih, keuntungannya bisa dipakai menyekolahkan anaknya hingga lulus tingkat perguruan tinggi.

“Selain untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, hasil dari usaha budidaya ikan kakap putih ini juga bisa untuk membangun rumah dan membeli tanah,” ucapnya bangga.

Baca Juga :   Program Budidaya Ikan Nila, Jadi Terobosan Lawan Stunting Di Lumajang

Lebih jauh, Rauf mengaku peluang usaha kakap putih awalnya dia peroleh usai mengikuti Forum Group Discussion (FGD) tentang potensi budidaya kakap putih yang diselenggarakan oleh Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam sebagai perpanjangan tangan DJPB KKP dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Lebih lanjut, alam perhitungan kotor budidaya kakap putih di Keramba Jaring Apung yang dikelola kelompoknya sekali panen bisa menghasilkan pendapatan sebesar Rp 490 juta. Sementara untuk panen dalam waktu 8 bulan.

Sedangkan biaya operasionalnya seperti pakan, listrik, vitamin dan probiotik. Jika ditotal, biaya operasional yang dikeluarkan hanya menghabiskan dana Rp3,8 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.