Pohon Teureup, Tumbuhan Lokal Bahan Baku Kerajinan Tangan

oleh -157 views
Close up large beautiful banyan tree detail in garden
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pohon teureup merupakan salah satu jenis tumbuhan lokal yang keberadaannya cukup banyak pada wilayah iklim tropis. Jenis pohon tersebut memang cukup familiar yang kerap digunakan sebagai bahan baku kerajinan tangan.

Pohon lokal ini mempunyai nama Ilmiah Artocarpus Elasticus yang termasuk ke dalam suku famili dari Moraceae.  Pohon ini juga memiliki banyak sebutan nama yang dimulai dari terap, tarok, hingga kokap.

Secara morfologi, pohon tersebut dapat tumbuh tinggi pada ukuran berkisar antara 40 – 65 meter. Batangnya berwarna coklat cenderung hijau, biasanya batang tersebut memiliki ranting tebal dengan permukaannya cenderung kasar. Adapun daun dari pohon ini berwarna hijau, biasanya daun dari pohon ini mempunyai ukuran panjang yang berkisar antara 5 hingga 7 cm.

Baca Juga :   Bunga Wijaya Kusuma, Bunga Yang Mekar Di Malam Hari

Selain itu, pohon ini juga memiliki bunga yang terdapat pada sela-sela batang maupun daunnya. Bunga tersebut berwarna kuning cenderung coklat dengan mahkotanya terdiri dari 2 mahkota, namun bunga tersebut hanya muncul pada saat musim penghujan telah tiba. Di sisi lain, bunga tersebut juga dilengkapi dengan biji berbentuk ginjal yang ukurannya bisa mencapai kisaran 1 – 2 cm.

Sementara itu, pohon ini kerap populer di kalangan masyarakat melalui serat dari batang hingga daunnya. Pasalnya, serat tersebut kerap digunakan oleh sebagian orang untuk dijadikan bahan baku kerajinan tangan berupa tas, ikat pinggang, maupun dompet dengan pengolahan yang secara tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.