Mengenal Daun Seledri, Dari Ciri-Ciri Hingga Kegunaannya

oleh -467 views
Fresh leaf celery isolated over a white background
Foto : Pixabay

Panennews.com – Daun seledri merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh secara subur pada wilayah iklim tropis. Biasanya tanaman seledri ini dapat tumbuh pada ketinggian berkisar antara 1000 – 12000 di atas permukaan laut.

Seledri itu sendiri mempunyai nama Latin Apium graveolens L. yang masih termasuk dalam suku famili dari Apiaceae. Spesies seledri ini memiliki banyak kegunaan yang memberikan dampak besar bagi masyarakat.

Secara morfologi, tanaman seledri memiliki ciri-ciri berupa akar tunggang yang mempunyai serabut akar menyamping. Batang dari tanaman seledri ini memiliki panjang berkisar antara 9 – 10 cm, biasanya batang ini berwarna hijau kecokelatan. Adapun permukaan batang ini bertekstur lunak serta tidak berkayu.

Baca Juga :   Kolak Pisang, Takjil Ramadhan Dengan Cita Rasa Manis

Selain itu, tanaman ini juga memiliki daun yang kerap di kenal dengan daun seledri. Daun ini berbentuk menyirip ganjil dengan ukuran panjang berkisar antara 2 – 3 cm, biasanya daun ini memiliki permukaan yang cenderung tipis. Adapun warna secara keseluruhan daun ini yaitu hijau cenderung muda dengan tampilan pada permukaan ujungnya yang runcing.

Sementara itu, keberadaan daun seledri ini ternyata menyimpan segudang khasiat bagi masyarakat. Adapun khasiatnya ini yang di mulai dari pelengkap kudapan nusantara, campuran bumbu masakan, hingga bisa jadi rempah-rempah. Lebih pentingnya lagi, kegunaannya juga nyaris bermanfaat untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.