Wapres Tegaskan Pengelolaan Air Bersih Harus Berkelanjutan

oleh -48 views
IMG_20220529_170240-1024x480
Foto : Setwapres

Panennews.com – Ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan dasar seluruh makhluk hidup yang mutlak dipenuhi untuk keberlangsungan hidupnya. Di sisi lain, air juga dapat menolong manusia untuk melawan krisis iklim.

Oleh karena itu, diperlukan sistematika penanganan persoalan air yang efektif dan berkelanjutan, agar ketersediaan air dan lahan basah dapat terus terjaga.

“Itulah mengapa, pengelolaan air secara berkelanjutan mesti kita wujudkan untuk melindungi kemanusiaan, melanjutkan pembangunan, serta menjaga kekayaan biodiversitas,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (06/06/2023).

Lebih lanjut, Wapres mengungkapkan di Indonesia masih mengalami permasalahan pengelolaan air. Banyak masyarakat yang belum dapat menikmati air bersih yang layak dan aman meskipun penyediaan air minum yang layak merupakan amanat konstitusi.

Baca Juga :   Mengenal Bunga Teratai, Dari Ciri-Ciri Hingga Habitat Tumbuhnya

“Data Kementerian Kesehatan menyebutkan, sekitar 7 dari 10 sumber air rumah tangga tercemar limbah. Kelangkaan air bersih dan sanitasi yang layak juga kerap menyertai daerah yang tingkat kemiskinan dan ketimpangannya tinggi. Jika kondisi ini tidak segera diubah, maka yang dikorbankan adalah generasi masa depan,” kata Wapres.

Selain itu, Wapres juga menegaskan bahwa penyediaan air bersih dan sanitasi yang layak tidak dapat ditawar. Dengan terjaminnya ketersediaan air bersih yang layak ini dalam jangka panjang, dapat mendukung terwujudnya salah satu tujuan SDGs Indonesia.

“Pencapaian akses air minum dan sanitasi sesuai target RPJMN tersebut akan mendukung percepatan tujuan ke-6 pencapaian SDGs di tahun 2030, yakni air bersih dan sanitasi layak yang berkelanjutan bagi semua,” imbuh Wapres.

Baca Juga :   Mentan: Kawasan Food Estate Terapkan Teknologi Pertanian Modern

Sementara itu, Wapres pun berharap, agar forum IWWEF 2023 hari ini dapat menjadi media untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman, serta berkolaborasi mencari peluang pendanaan dan pengelolaan yang efektif dan efisien, untuk menjamin penyediaan air minum dan sanitasi yang layak.

“Pada ajang ini para peserta juga dapat mencontoh implementasi pembangunan dan pengelolaan akses air minum dari negara-negara yang sudah lebih baik dalam pengelolaan air bersih dan sanitasi, sehingga mampu menjaga kualitas air bersih,” tutup Wapres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.