Penyu Belimbing, Biota Laut Si Penjelajah Samudera

oleh -129 views
Tiny turtle crawls back into the sea on an Aceh beach against the sky at sunset
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Penyu belimbing merupakan salah satu biota laut jenis spesies penyu yang ada di dunia. Spesies ini biasanya kerap tersebar pada perairan tropis maupun sub tropis.

Spesies penyu ini memiliki nama Ilmiah Dermochelys Coriacea ini masih termasuk ke dalam suku famili dari Dermochelidae. Adapun penyu ini terdiri dari 7 hingga 6 spesies yang tersebar di laut Indonesia.

Secara genetik, penyu belimbing ini memiliki bentuk tubuh besar dengan berat tubuhnya berkisar antara 1 ton. Biasanya pada berat tubuh tersebut, penyu ini mempunyai ukuran panjang tubuh berkisar antara 215 cm. Adapun bentuk kepalanya besar cenderung bulat tanpa adanya sisik seperti jenis penyu lainnya, sedangkan bentuk tubuh penyu ini cenderung bulat memanjang seperti halnya buah belimbing. Oleh sebab itu, penyu ini disebut penyu belimbing.

Baca Juga :   PP Sedimentasi Lindungi Pasir Laut Dari Eksploitasi

Selain itu, penyu ini juga terdapat kaki dengan jumlahnya yang berkisar antara 4 buah, biasanya kaki itu terletak pada bagian atas hingga bawahnya. Adapun bentuk kakinya cenderung memanjang dan terlihat besar pada bagian atasnya, sedangkan kaki yang bawah berbentuk memanjang dengan ukuran yang lebih kecil dari pada kaki bagian atasnya.

Sementara itu, habitat dari spesies penyu belimbing ini tersebar pada kedua Samudera yaitu Samudera Atlantik hingga Samudera Pasific. Uniknya, kebiasaan spesies belimbing ini sering berjalan dan menjelajah kedua Samudera tersebut. Oleh karena itu, penyu belimbing juga sering di kenal sebagai penyu penjelajah Samudera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.