Ini Dia Rempah-Rempah Indonesia Yang Banyak Diekspor

oleh -77 views
Thai Herb
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Indonesia sudah cukup populer dikenal oleh sebagian negara sebagai penghasil rempah-rempah yang melimpah. Saking melimpahnya, banyak dari negara yang melirik hasil rempah Indonesia ini.

Oleh sebab itu, ada berbagai jenis rempah-rempah Indonesia yang saat ini memiliki daya ekspor paling tinggi. Adapun jenis rempah-rempah yang paling banyak diekspor antara lain.

Lada

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan pada akhir 2022 lalu, rempah-rempah lada ini menguasai 17,8 persen total ekspor ke sejumlah negara. Adapun nilai ekspor tersebut setara dengan kisaran antara 40,88 juta dollar AS. Oleh karena itu, lada ini menjadi salah satu komoditas rempah-rempah yang paling banyak diekspor.

Baca Juga :   Dukung Industri Kelapa Sawit Berkelanjutan, Pemerintah Sesuaikan Tarif Pungutan Ekspor CPO dan Turunannya

Cengkeh

Komoditas rempah asli daerah Maluku Indonesia ini menjadi salah satu rempah yang paling banyak diekspor. Pasalnya, rempah tersebut mempunyai daya ekspor tinggi ke sejumlah negara. Menurut data per-akhir tahun 2022 lalu, cengkeh termasuk rempah yang paling banyak diekspor dengan jumlahnya mencapai kisaran antara 37,26 dollar AS. Selain itu, daya minat cengkeh juga cukup menarik ke berbagai negara.

Vanili

Rempah vanili juga termasuk ke dalam jenis rempah Indonesia yang paling banyak diekspor. Tidak main-main, komoditas tersebut jika diekspor menghasilkan jumlah yang cukup banyak dengan kisaran antara 20,2 dollar AS. Hal ini menjadikan vanili menjadi salah satu jenis rempah yang banyak diekspor.

Baca Juga :   Tips Mudah Memilih Buah Melon Yang Matang Dan Manis

Kapulaga

Jenis rempah ini tidak mau kalah dengan jenis rempah-rempah lainnya. Menurut data Badan Karantina Pertanian, ekspor kapulaga pada tahun 2022 cenderung meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, kapulaga termasuk ke dalam jenis rempah Indonesia yang paling banyak diekspor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.