Tanaman Kakapasan, Dengan Bunganya Yang Beraroma Harum

oleh -43 views
1421922086-170667a
Foto : Pixabay

Panennews.com – Tanaman kakapasan merupakan salah satu jenis tanaman herbal iklim tropis yang termasuk ke dalam jenis kelompok tanaman dikotil.  Jenis tanaman ini biasanya dapat mudah dijumpai pada hutan terbuka hingga pinggiran sungai.

Tanaman dengan nama Ilmiah Abelmoschus Moschatus ini masih tergabung dalam suku famili dari Malvaceae. Spesies tanaman kakapasan ini banyak dikenal dengan sebutan Gandapura, Mushdana, dan juga tanaman abel.

Secara morfologi, tanaman kakapasan ini dapat tumbuh tegak dan bercabang dengan tingginya mencapai kisaran antara 1 meter, biasanya jenis tanaman ini memiliki batang berwarna hijau dengan teksturnya yang cenderung lunak. Di sela-sela batangnya, terdapat ranting yang ditumbuhi daun berbentuk bulat telur berwarna hijau, biasanya daun tersebut memiliki ukuran panjang 6 hingga 15 cm dengan lebarnya berkisar 5 cm.

Baca Juga :   Anggrek Vanda, Jenis Anggrek Yang Mampu Mekar Lebih Lama

Selain itu, tanaman ini juga terdapat buah berbentuk bulat lonjong seperti kapsul yang memiliki ukuran 5 – 7 cm, biasanya buah tersebut memiliki tekstur keras yang terdapat biji pada bagian dalam buah kakapasan ini. Adapun warna dari buah ini cenderung ungu cerah serta bijinya yang berwarna hitam pekat.

Sementara itu, pada sisi ranting hingga daunnya terdapat bunga kakasan yang memiliki ukuran berdiameter kisaran antara 10 cm. Bunga tersebut cenderung indah yang memiliki warna kuning atau ungu, biasanya pada bagian tengah bunga tersebut memiliki warna kuning. Lebih lanjut, bunga dari tanaman kakapasan ini mengeluarkan aroma harum yang sangat khas dan semerbak pada indera penciuman seseorang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.