Saninten, Si Pohon Hutan Indonesia Yang Mulai Langka

oleh -157 views
rambutan fruit is still small and green
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Saninten merupakan salah satu tumbuhan pohon yang keberadaannya cukup menghiasi hutan Indonesia. Biasanya pohon ini kerap dijumpai pada hutan wilayah perbukitan hingga pegunungan dengan ketinggian berkisar 1750 mdpl.

Pohon dengan nama Ilmiah Captanopsis Argentea ini masih termasuk ke dalam suku famili dari Fagaceae. Di sisi lain, banyak dari masyarakat sekitar hutan mengenal pohon ini dengan sebutan rambutan hutan.

Secara morfologi, pohon ini memiliki tinggi yang berkisar antara 30 hingga 40 meter dilengkapi dengan batangnya berwarna hitam cenderung kasar pada permukaannya. Biasanya batang dari pohon ini memiliki ranting dengan jumlah ranting yang berkisar antara 125 ranting secara keseluruhan.

Baca Juga :   Cegah Karhutla, Legislator Dorong Pendekatan Kearifan Lokal

Selain itu, pohon saninten juga dilengkapi dengan daun yang tumbuh diantara batang dan rantingnya. Adapun daun tersebut berbentuk lancip cenderung memanjang dengan ukuran panjang berkisar antara 7 -12 cm, daun ini memiliki sifat tunggal dengan kedudukannya berseling dan tersusun rapi.

Sementara itu, pohon saninten ini penyebarannya sudah cukup luas yang dimulai dari hutan Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga wilayah Papua. Di sisi lain, keberadaan pohon hutan ini juga cukup melengkapi daerah pegunungan pada wilayah sekitar Indonesia.

Lebih lanjut, Namun sayangnya saat ini populasi pohon tersebut sudah sangat jarang ditemukan. Hal ini dikarenakan konservasi lahan yang terus menerus, sehingga membuat pohon ini sudah jarang ditemukan keberadaannya hingga menyebabkan kelangkaan pada pohon saninten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.