Jelang Idul Adha, Harga Bapok Di Pasar Beringharjo Stabil

oleh -11 views
buah_tomat
Foto : Panen News

Panennews.com – Harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok (bapok) di Yogyakarta jelang idul adha tahun 2023 terpantau aman dan stabil.

Pernyataan tersebut diutarakan Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan Kasan saat mengunjungi Pasar Beringharjo, Yogyakarta, DI Yogyakarta pada, Kamis (18/05/2023).

“Selepas Idulfitri dan menjelang Iduladha, Kementerian Perdagangan intensif memonitor perkembangan harga dan pasokan bapok. Secara umum, harga bapok di Pasar Beringharjo cukup stabil dan ketersediaannya aman,” jelas Kasan.

Adapun Di Pasar Beringharjo per 17 Mei 2023, gula pasir Rp14.000/kg, minyak goreng kemasan premium Rp20.000/liter, Minyakita Rp14.000/liter, telur ayam Rp31.000/kg, cabai rawit merah Rp30.000/kg, bawang merah Rp30.000/kg, bawang merah lokal Rp26.000/kg, dan bawang putih Rp30.000—33.000/kg. Sebelumnya per 15 Mei 2023.

Baca Juga :   Lahan Sawah Di Manokwari Capai 10 Ribu Hektare, Wamentan Sebut Jadi Lumbung Pangan Papua

Sementara itu, daging ayam Rp33.500/kg dan daging sapi Rp130.000/kg. Keduanya relatif menurun dibandingkan bulan lalu. Kasan mengungkapkan, harga telur sedikit di atas harga acuan.

Hal ini dimungkinkan dari faktor harga pakan ayam atau biaya distribusi. Untuk itu, pemerintah akan mengecek ke sentra-sentra produksi dan permintaan masyarakat.

Selain itu, Kasan juga menuturkan, inflasi bulan ini lebih rendah dari bulan lalu. Harga bapok adalah salah satu faktor yang berkontribusi pada tingkat inflasi. Inflasi tentunya akan mempengaruhi daya beli masyarakat.

Lebih lanjut, Pemerintah juga berupaya menjaga dengan pengecekan secara langsung ke pasar-pasar rakyat di Indonesia.

“Setiap awal minggu, Kementerian Perdagangan bertemu dengan sejumlah pihak membahas inflasi dan harga bapok. Pemerintah juga tidak diam saja menunggu laporan, tapi juga turun langsung ke pasar dan mendengar dari pedagang terkait harga dan pasokan bapok,” ujar Kasan.

Baca Juga :   Tinjau Gudang Bulog, Presiden Sebut Stok Beras Nasional Capai 1,6 Juta Ton

Lebih jauh, Kasan menyebut, Kementerian Perdagangan berkomitmen terus melakukan pemantauan atas ketersediaan dan kelancaran pasokan Minyakita di tingkat distributor dan agen.

“Kami berkomitmen terus menjalin komunikasi dan koordinasi bersama pemerintah daerah agar bapok, khususnya Minyakita di distributor, dapat dijual sesuai dengan ketentuan pemerintah. Dengan demikian, pedagang dapat menjual Minyakita kepada masyarakat dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu Rp14.000/liter atau Rp15.500/kg,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.