Mengenal Hidroton, Media Tanam dari Lempung

oleh -171 views
Tanaman Dalam Pot
Foto : Unsplash

Panennews.com – Hidroton ialah media tanam untuk cara penanaman menggunakan air dari lempung yang berbentuk bulat. Proses pembuatan media ini dilakukan dengan cara dipanaskan lalu dibuat kecil-kecil serupa kelereng. Benda ini bisa digunakan untuk media tanam pot.

Meskipun terlihat kecil, di dalam bulatan lempung ini terdapat pori-pori yang mampu menampung air serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Bahannya yang melalui proses pembakaran, akan sulit untuk menjadi inang bagi tumbuhan lumut untuk hidup.

Benda ini terkenal memiliki kelebihan tidak bersudut sehingga akar tanaman tidak mudah rusak dan akses oksigen menuju akar lebih baik. Lebih-lebih, benda ini dapat digunakan berulang kali asalkan selalu dicuci setelah proses pemakaian. Lebih awet bukan?

Baca Juga :   Mentan SYL : Benih Unggul Bisa Bikin Pertanian Indonesia Kuat

Sayangnya, di balik kelebihan terdapat kekurangan. Dan benda ini memiliki kekurangan yaitu harganya yang cenderung mahal, bisa menjadi sebab penyumbatan pipa di rumah, dan buruk dalam daya ikat air.

Jika Anda memiliki banyak waktu luang, Anda bisa mencoba untuk membuat benda ini. Caranya tentu sangat mudah. Pertama, kumpulkan tanah liat yang sudah dihaluskan lalu tambah dengan air dan buat menjadi bulatan kecil.

Setelah itu, jemur di luar ruangan selama satu sampai dua hari dan bakar selama dua jam. Jika dirasa sudah kemerahan, ambil dan bersihkan menggunakan air bersih dengan cara direndam. Hidroton siap digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.