Ternyata Ini Penyebab Ikan Mas Tidak Nafsu Makan

oleh -175 views
Ikan Mas
Foto : Adobe Stock

Panennews.com – Bagi anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan mas. Jenis ikan ini merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang memiliki cita rasa cenderung lezat.

Oleh karena itu, ikan mas ini tengah banyak dibudidayakan. Namun, dalam budidaya ikan tersebut tentunya banyak rintangan salah satunya ikan mas tidak mau makan. Hal ini sudah barang tentu ada penyebabnya, adapun penyebab tersebut diantaranya.

Kondisi Ikan Stres

Ikan mas yang tidak mau makan dapat disebabkan oleh kondisi ikan yang sedang stres. Pasalnya, ikan mas yang berada dalam tekanan stres membuat ikan tersebut mengalami perubahan perilaku cukup drastis. Selain itu, ikan yang stres juga dapat berubah pola makannya yaitu pola makan yang sedikit, sehingga ini mengurangi porsi makan ikan mas dan tergolong tidak nafsu makan.

Baca Juga :   Jenis Ikan Ini Bisa Turunkan Berat Badan, Cocok Untuk Diet

Terserang Penyakit

Ikan mas cukup terbilang rentan atas penyakit, biasanya ikan mas yang terserang penyakit dapat merubah sistem atau siklus ikan tersebut. Adapun perubahannya yaitu tidak nafsu makan, tentunya hal ini jadi salah satu penyebab ikan mas tidak mau makan. Selain itu, penyakit yang dapat menyerang ikan mas meliputi cacingan, penyakit bintik putih, dan juga penyakit insang.

Air Kolam Jelek

Penyebab ikan mas tidak nafsu makan selanjutnya yaitu air kolam yang jelek, biasanya air kolam jelek dapat juga disebabkan oleh pH air jelek pula. Hal ini akan berdampak pada kesehatan ikan mas dan dapat menyebabkan ikan mas tidak nafsu makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.