Soga, Pohon Hutan Berkhasiat Sebagai Pewarna Alami

oleh -123 views
babul-2872022__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pohon soga merupakan salah satu tumbuhan berbunga indah yang dimiliki oleh negara Indonesia. Jenis pohon ini biasanya dapat ditemukan pada hutan-hutan bagian belakang dengan ketinggian berkisar antara 1000 mdpl.

Pohon dengan nama Ilmiah Pelthoporum Pterocarpum ini masih termasuk ke dalam tumbuhan suku polong-polongan. Adapun famili spesies pohon ini tergabung ke dalam suku famili dari Fabaceae.

Secara morfologi, pohon ini dapat tumbuh tinggi hingga ukuran yang berkisar antara 50 meter, biasanya dari ukuran tersebut memiliki diameter batang mencapai kisaran antara 70 cm. Adapun untuk batangnya berbentuk silindris dengan kulit batang cenderung pecah-pecah, biasanya kulit dari pohon ini berwarna abu cenderung hitam legam.

Baca Juga :   Pemprov NTB Galakkan Penanaman Pohon Kayu Putih

Selain itu, pohon ini juga dilengkapi dengan daun berwarna hijau yang bersifat majemuk, adapun daun tersebut mempunyai ukuran panjang berkisar 6 cm dengan lebarnya 3 cm. Biasanya pada pertengahan daun tersebut tumbuh bunga dengan mahkota berwarna kuning, adapun ukuran bunga tersebut bisa mencapai kisaran antara 18 inchi.

Sementara itu, batang hingga daun dari pohon soga ini disinyalir memiliki khasiat sebagai pewarna alami untuk membuat batik tulis hingga pewarna pakaian. Pasalnya, batang dan daun mempunyai kandungan senyawa tannin yang berperan penting dalam menjaga warna alaminya. Oleh karena itu, banyak dari sebagian masyarakat menggunakan pohon soga ini sebagai pewarna alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.