Jelang Lebaran, Legislator Minta BPOM Sidak Makanan Dan Obat-Obatan

oleh -43 views
_MUN8958
Anggota Komisi IV DPR RI Foto : Mu/Man

Panennews.com – Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar mengintensifkan program sidak (inspeksi mendadak) makanan dan obat-obatan di pasaran menjelang lebaran 2023.

“Saat puasa dan lebaran kebutuhan akan makanan biasanya meningkat. Tidak jarang momentum ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan dengan cara yang salah,” kata Anggota DPR RI dapil Cirebon-Indramayu ini dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/04/2023).

Selain itu, Netty meminta BPOM agar juga mengawasi peredaran makanan dan obat di pasar online.

Baca Juga :   Lebih Lezat Mana Daging Sapi Atau Kambing, Cek Faktanya Disini

“Aktivitas jual beli obat dan makanan di pasar online juga tinggi. Jangan sampai luput dari pengawasan. Pastikan tidak ada zat berbahaya yang terkandung dalam makanan ataupun obat-obatan yang dijual oleh para pedagang online,” kata Netty.

Lebih lanjut, Netty juga mendorong agar BPOM rutin melakukan sosialisasi mengenai keamanan pangan dan obat-obatan menjelang lebaran 2023 dengan menggandeng para tokoh masyarakat.

“Pedagang kadang menjual produk berbahaya bukan karena faktor kesengajaan, tetapi karena mereka tidak paham. Oleh karena itu selain pengawasan, BPOM juga harus melakukan sosialisasi intensif di lapangan,” katanya.

Baca Juga :   Perkuat Ketahanan Pangan, Mentan SYL Gairahkan Integrated Farming

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI yang bermitra dengan BPOM, Netty pun kerap melakukan sosialisasi tentang keamanan pangan di Indramayu dan Cirebon dengan mengundang masyarakat.

“Jika BPOM terus menggalakkan sosialisasi dan pengawasan, maka masyarakat pun akan terus ingat bahwa mereka harus cek kemasan, label, izin edar dan masa kedaluwarsa produk sebelum memutuskan untuk membeli,”. Tutup Netty.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.