Wisata Kebun Buah Kendari, Tumbuhkan Ekonomi Petani Sekitar

oleh -128 views
IMG-20230327-WA0034-768x57630
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Kementerian Pertanian melalui Sekretaris Ditjen Hortikultura Muhammad Taufiq Ratule meresmikan kebun buah agrowisata di kota Kendari, Rabu (29/03/2023).

Adapun Kebun Buah Agrowisata ini merupakan pemanfaatan lahan pertanian sekaligus wahana berwisata di Kawasan Demonstration Plot (Demplot) Amohalo, Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

“Kebun buah ini ini memiliki luasan cukup besar, yakni 300 hektare. Ini memerlukan road map serta sumber pembiayaan sehingga setiap tahunnya dapat terjadi pergerakan yang signifikan,”. Ungkap Taufiq.

Selain itu, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, saat penanaman buah di Kawasan Agrowisata kendari berharap potensi kebun buah agrowisata ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Kendari terlebih lagi masyarakat petani.

Baca Juga :   Istana Amantubillah Jadi Daya Tarik Wisata Budaya Kalbar

“Tentunya untuk memperoleh manfaat tersebut, maka dibutuhkan tata kelola yang benar sehingga keindahan alam yang kita miliki tetap bisa dipertahankan dan dinikmati oleh semua kalangan masyarakat khususnya petani,”. Tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Sahuriyanto menjelaskan pihaknya bakal memanfaatkan lahan tersebut untuk pengembangan kebun buah berbasis agro eduwisata.

Lebih lanjut, selain berfungsi sebagai wahana liburan masyarakat, juga sekaligus peningkatan sarana ekonomi masyarakat.

“Ada enam kelompok tani yang sedang dibina di Kawasan Amohalo. Dinas Pertanian telah memberikan bibit buah yang berbeda-beda untuk tiap kelompok. Jadi, masing-masing kelompok itu tanamannya berbeda, misalnya satu kelompok tanam 10 hektare durian saja tanpa ada campuran,”. Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.