Pasokan Cabai Di Cianjur Kondisi Aman Hingga Jelang Lebaran

oleh -33 views
cabai_keriting_merah
Foto : Panen News

Panennews.com – Bulan Ramadhan dan jelang lebaran 1444 Hijriah, pasokan cabai terpantau aman di Cianjur.

Meskipun harga cenderung berfluktuasi di beberapa pasar induk wilayah Jabodetabek. Pada perayaan Nyepi dan cuti minggu ini, harga cabai menurun namun selang beberapa hari kembali merangkak naik.

Berdasarkan data Early Warning System (EWS), neraca produksi Cabai Rawit bulan Maret untuk Kabupaten Cianjur menunjukkan angka surplus sebesar 1.465 ton.

Demikian pula bulan April sebesar 1.254 ton. Neraca produksi cabai besar Kabupaten Cianjur juga`mengalami surplus untuk Maret sebesar 2.409 ton dan April surplus 1.804 ton.

“Untuk ramadhan dan idul fitri, Kabuaten Cianjur memiliki pasokan yang cukup, setiap hari bisa mengirim cabai hingga kisaran 9 – 12 ton ke pasar indok di Jabodetabek”. Ujar Champion Cabai Kab. Cianjur, Suhendar, Senin (27/03/2023).

Baca Juga :   Mentan SYL Sebut Pentingnya Sektor Pertanian Dalam Kemerdekaan Indonesia

Sementara itu, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Andi Muhammad Idil Fitri yang biasa disapa Idil, saat memantau kondisi di lapangan mengaku optimis pasokan cabai di Kabupaten Cianjur aman.

Menurutnya hal tersebut menepis kekhawatiran akan kerawanan pasokan komoditas strategis hortikultura jelang Idul Fitri.

Adapun dirinya menjabarkan, guna mendukung ketersediaan pasokan cabai di Kabupaten Cianjur, pada tahun 2023 mendapat alokasi 130 Ha fasilitasi pengembangan kawasan cabai termasuk green house sederhana seluas 1.000 m2.

“Luas pertanaman cabai di Kabupaten Cianjur setahun ini mencapai 3.500 ha dan untuk pasokan cabai Ramadhan dan Idul Fitri dipastikan aman,”. Terangnya.

Baca Juga :   Ragam Jenis Bawang Putih Yang Beredar Di Pasar

Lebih lanjut, Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto selalu menggerakkan seluruh jajarannya untuk memonitor kondisi pertanaman cabai di lapangan dan melakukan upaya-upaya untuk meredam gejolak harga agar tidak berkepanjangan. Selain menciptakan kawasan cabai, juga turut bermitra dengan champion sepanjang tahun 2023.

“Walaupun pasokan terkendali, tantangan-tantangan yang dihadapi di lapangan seperti curah hujan ekstrim, serangan hama penyakit, menurutnya harus disikapi bersama-sama. Tujuannya agar pasokan cabai dan harga cabai tetap terkendali”. Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.