Akademisi IPB : Penyakit Jembrana Tidak Menular Ke Manusia

oleh -51 views
Sapi
Sapi-sapi di RPH Karawaci - Foto : Panen News

Panennews.com – Dosen Divisi Kesmavet dan Epidemiologi pada Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB University, Denny Widaya Lukman menyampaikan, agar masyarakat tidak perlu khawatir mengkonsumsi daging sapi yang tertular penyakit Jembrana karena penyakit Jembrana tidak menular ke manusia.

“Penyakit Jembrana tidak dapat ditularkan dari sapi ke manusia, artinya penyakit ini tidak bersifat zoonotic, jika orang berdekatan dengan sapi yang sakit atau mengkonsumsi daging sapi tertular jembrana, maka orang tidak akan tertular,”.Ungkap Rabu (01/03/2023).

Selain itu, Denny menjelaskan, penyakit Jembrana merupakan penyakit menular hanya pada sapi Bali (tidak menular ke sapi jenis lain) yang disebabkan oleh virus. Ia sebutkan, penyakit Jembrana hanya ditularkan di antara Sapi Bali melalui kontak langsung atau dapat ditularkan melalui lalat.

Baca Juga :   Tingkatkan Populasi Sapi, Kementan Aktif Gencarkan Teknologi Kawin Suntik

“Jadi, jika daging berasal dari Sapi Bali yang tertular penyakit Jembrana, maka orang yang mengonsumsinya tidak akan sakit atau tertular oleh virus tersebut”. Tutur Denny.

Ia pun menjelaskan, virus Penyakit Jembrana tidak tahan dengan pemasakan daging. “Virus dapat “dimatikan” dengan pemanasan (dimasak) pada suhu minimal 55 derajat Celcius selama minimal 15 menit, artinya dengan merebus daging atau memanggang daging maka virus akan mati,” ujarnya menuturkan.

Lebih lanjut, Denny menjelaskan, untuk menjamin keamanan dan kelayakan daging yang dikonsumsi masyarakat, maka daging sapi sebaiknya yang berasal dari Rumah Potong Hewan (RPH) resmi. Menurutnya, daging tersebut berasal dari sapi yang telah diperiksa kesehatannya sebelum dipotong, serta diperiksa daging dan jeroannya oleh Dokter Hewan, sehingga daging dijamin kesehatan dan kebersihannya.

Baca Juga :   Fakta Menarik Gajahan Timur, Si Burung Berparuh Panjang

“Daging yang berasal dari Rumah Potong Hewan resmi ditandai dengan adanya “cap” pada permukaan daging,” ungkap Denny.

Ia pun mengajak masyarakat agar konsumen tidak perlu khawatir dan takut mengonsumsi daging dengan membeli daging pada kios dan pedagang langganan atau kios resmi.

“Masaklah daging dengan baik agar kita terhindar dari kuman-kuman penyakit seperti kuman penyebab diare,”. Tutup Denny.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.