Manfaat Ampas Kopi untuk Nutrisi Tanaman yang Perlu Anda Tahu

oleh -13 views
ilustrasi kopi
Ilustrasi Biji Kopi - Foto : Pixabay

Panennews.com – Kopi memiliki banyak sekali manfaat mulai dari perawatan wajah, pengharum ruangan hingga untuk nutrisi tanaman. Manfaat ampas kopi untuk tanaman salah satunya sebagai nutrisi yang dicampurkan dengan tanah pada tanaman tersebut.

Karena adanya kandungan fosfor, tembaga, potasium dan magnesium mampu menjadikan ampas kopi sebagai pupuk tanaman. Nah bagi anda peminum kopi, kini tidak perlu lagi untuk membuang ampas kopi ke tempat sampah. Anda dapat mengaplikasikan ampas bubuk kopi ke tanaman hias atau lainnya.

Baca Juga :   Rakorpim Komite PC-PEN K/L 2020, Mentan Paparkan Perkembangan Sektor Pertanian

Untuk mengaplikasikan ampas bubuk kopi tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Alangkah baiknya jika ampas kopi diaplikasikan secara langsung, karena jika dicuci kandungan nutrisi ampas kopi akan ikut terbuang saat dibilas air.

Untuk penggunaan pupuk, anda dapat menimbun ampas kopi ke dalam tanah. Atau juga bisa menaburkan ampas kopi ke permukaan tanaman secara keseluruhan. Dan jangan lupa untuk menaburkan tanah untuk menutup ampas kopi.

Untuk menutup ampas kopi tidak perlu terlalu tebal, hanya sekitar setengah inci saja. Dengan begitu, mikroba dan ampas kopi akan bekerja. Selain itu, anda juga dapat melakukan eksperimen lainnya seperti mengaduk tanah dengan ampas kopi atau bisa juga menerapkan secara lapisan.

Baca Juga :   Menikmati Sejuk dan Asrinya di Perkebunan Teh Kayu Aro Kerinci Jambi

Manfaat ampas kopi untuk tanaman kini bisa anda terapkan untuk sehari-hari. Dan lakukan penerapan ini sesuai kebutuhan tanaman. Selain menyuburkan tanaman, hal ini akan membantu tanaman tumbuh dan berkembang dengan baik.

Komentar