Buah Gowok, Asli Indonesia Yang Mulai Terancam Punah

oleh -86 views
istockphoto-1348678364-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Buah gowok merupakan salah satu buah asli Indonesia yang berasal dari tanaman gowok. Buah dan tanaman gowok ini biasanya dapat tumbuh subur pada kawasan Pulau Jawa hingga menyebar ke Asia Tenggara.

Buah ini mempunyai nama Latin Syzygium Polycephalum ini masih berkerabat dengan buah jamblang. Adapun buah gowok juga memiliki nama lain dengan sebutannya Buah Gohok atau Buah Kupa.

Secara morfologi, buah ini berasal dari tanaman gowok yang dapat tumbuh tinggi dengan ukuran berkisar antara 8 – 20 meter, biasanya tanaman ini dilengkapi daun berwarna hijau yang memiliki panjang berkisar antara 17 cm. Adapun tanaman ini juga dilengkapi bunga bersifat majemuk dengan mahkota putih, biasanya bunga tersebut memiliki banyaknya benang sari.

Baca Juga :   Prospek Industri Minuman Besar, Kemenperin Dorong Produk Pengolahan Buah

Selain itu, tanaman gowok juga dilengkapi buah yang dapat tumbuh disekitar daun serta bunganya, buah ini biasanya tumbuh secara bergerombol. Adapun buah gowok memiliki bentuk cenderung bulat dengan ukuran kecil yang berkisar antara 2 – 3 cm, buah ini memiliki warna ungu cenderung gelap. Buah tersebut pun terdapat daging yang bisa dikonsumsi, biasanya cita rasa dagingnya asam cenderung manis.

Sementara itu, dahulu buah asli Indonesia ini dapat mudah ditemukan pada pasar-pasar tradisional, namun seiring berjalannya waktu buah tersebut dinilai kalah dengan peredaran buah-buah lokal maupun impor yang sukses meraih nilai ekspor tinggi. Lebih lanjut lagi, buah tersebut pun tidak ada lagi pembudidayaannya. Oleh karena itu, popularitas buah gowok ini terancam punah dan mulai langka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.