Pemberian Pupuk Gratis, Jadi Solusi Kesejahteraan Petani Di DIY

oleh -50 views
Pupuk Subsidi
Dok. Kementan

Panennews.com – Anggota Badan Anggaran DPR RI My Esti Wijayati mengutip data Badan Pusat Statistik per September 2022 angka kemiskinan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tertinggi se-Pulau Jawa.

Adapu sebanyak 51 persen berada di sektor pertanian, sedangkan daerah yang kemiskinan tertinggi berada di Gunung Kidul dan Kulon Progo. Dengan demikian, menurut My Esti harus ada jalan keluar untuk mengatasi kemiskinan tersebut.

“Adapun cara lain bisa dengan memberikan subsidi pupuk, namun jika berbicara subsidi pupuk tidak bisa hanya di Yogyakarta saja. Harus ada pembicaraan khusus untuk petani yang perlu kita lakukan bisa dari subsidi APBD sendiri. Atau dengan cara memberi pupuk gratis. Di harapkan melalui pemberian pupuk secara gratis pendapatan bisa naik, dapat memberikan ruang kesejahteraan kepada para petani”. Ungkapnya di Ruang Pertemuan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal dan Pajak DIY, Selasa (13/02/2023).

Baca Juga :   Stok Bulog 1,2 Juta Ton, Bapanas Sebut Beras Aman Hingga Ramadhan

Selain itu, Ia juga mengatakan telah berupaya agar seluruh pemangku kepentingan di DIY bersama DPR melakukan pendekatan dari seluruh sektor untuk mengentaskan kemiskinan.

“Jadi saya berharap memang seluruh pemilik kebijakan di wilayah ini termasuk pemerintah pusat, dan pemerintah daerah perlu adanya sinergitas yang baik. Pasalnya jika dilihat dari segi anggarannya sudah cukup tinggi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sudah di atas Rp5 triliun,”. Tutur My Esti.

Sementara itu, Ia menambahkan, sinergitas yang baik dari pemangku kepentingan itu kunci dari usaha untuk mengentaskan kemiskinan. Sebab jika berjalan sendiri-sendiri tanpa sinergitas dan koordinasi, maka usaha yang sudah dilakukan tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan.

Baca Juga :   Tingkatkan Benih, Kementan Sukseskan Pembangunan Nurseri

“Perlu adanya sinergitas dan kordinasi yang baik daripada pemangku kepentingan, tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, duduk bersama memberikan solusi bagaimana cara mengetaskan kemiskinan agar DIY tidak lagi ada predikat daerah yang angka kemiskinan tertinggi se-Jawa,”. Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.