Perkuat Penyuluh Perikanan, KKP Luncurkan Aplikasi Simlatluh

oleh -233 views
Perkuat Entitas Penyuluh 3
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) perkuat entitas penyuluh perikanan dengan Sistem Informasi Manajemen Pelatihan dan Penyuluhan atau Simlatluh Kelautan dan Perikanan.

“Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) telah melakukan terobosan pengendalian kinerja penyuluh perikanan berbasis Information and Technology, melalui Integrated Human Resources Intelligent Platform yang disebut dengan Simlatluh Kelautan dan Perikanan,”. Ungkap Kepala BRSDM KP, I Nyoman Radiarta.

Hal tersebut disampaikan Nyoman pada acara Pembinaan Kinerja Penyuluhan Perikanan Tahun 2023, yang diselenggarakan Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi, Kamis, (12/01/2023).

Melalui Simlatluh KP, Nyoman berharap aplikasi ini ke depannya menjadi alat bantu berbasis sistem yang selain mampu mengendalikan kinerja penyuluh perikanan, juga mampu menghasilkan strategi dan model kebijakan yang sesuai untuk diterapkan guna mencapai tujuan dari KKP. Simlatluh sendiri dapat diakses oleh penyuluh perikanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia melalui laman simlatluh.kkp.go.id.

Baca Juga :   Populasi Menurun, KKP Lestarikan Cumi Bangka

“Penyuluh Perikanan memiliki peran strategis dalam menyukseskan program-program prioritas KKP yang digaungkan Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono, program BRSDM KP, serta program pemerintah daerah setempat. Untuk itu, diperlukan koordinasi dan sinergi antara pusat dengan para penyuluh perikanan dan Pemda untuk memperkuat entitas penyuluh perikanan dengan trasformasi sistem Penyuluhan Perikanan, agar dapat menjawab berbagai tantangan dari permasalahan pelaku utama dan usaha perikanan,”. Ungkap Nyoman.

Selain itu, pihaknya juga berbangga hati atas pencapaian penyuluh perikanan di tahun 2022. Nyoman pun mendorong seluruh penyuluh perikanan untuk dapat menjadi ‘champion’ di wilayah kerjanya. Pihaknya juga memberikan kesempatan dan kemudahan kepada para penyuluh perikanan untuk meningkatkan jenjang pendidikannya melalui sinergi dengan Pusat Pendidikan KP.

Baca Juga :   Tingkatkan Hasil Pertanian, Pemkab Bekasi Hibahkan 16 Unit Traktor Ke Petani

Sementara itu, Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP, Lilly Aprilya Pregiwati, menerangkan capaian penyuluh perikanan di tahun 2022, di mana terdapat 47.181 kelompok yang disuluh, dari target 45.000 kelompok; 4.029 kelompok yang dibentuk dari target 3.000 kelompok; dan 1.972 kelompok yang dinaikkan kelasnya, dari target 1800 kelompok.

“Penyuluh Perikanan sebagai wakil KKP di lapangan dan garda terdepan pembangunan KP memiliki peran penting dalam mendampingi dan mendukung pelaku utama dan usaha KP. Untuk itu penyuluh perikanan diharapkan dapat mencerahkan, memperkaya pelaku utama dan usaha KP dengan informasi iptek, akses permodalan, akses pemasaran dan akses sumber daya lainnya; serta memberdayakan empowerment pelaku utama dan pelaku usaha KP,”. Tutup Lilly.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.