Tingkatkan Hasil Pertanian, Pemkab Bekasi Hibahkan 16 Unit Traktor Ke Petani

oleh -29 views
id8672_IMG-20231120-WA0087
Foto : Dok. Pemprov Jawa Barat

Panennews.com – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyerahkan hibah alat pertanian berupa traktor sebanyak 16 unit di Balai Benih Jati Baru, Kecamatan Cikarang Timur pada Senin (20/11/2023).

Traktor itu, diberikan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi.

Penyerahan hibah alat pertanian itu di hadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratulloh, Kepala Dinas Pertanian Abdillah Majid, Camat Cikarang Timur Ropi.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, mengatakan, pemberian hibah traktor ini menjadi komitmen Pemkab Bekasi dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

“Ya, ini merupakan wujud kepedulian dan keberpihakan pemerintah, serta political will dari dewan menjaga pembangunan sektor pertanian,” katanya.

Baca Juga :   KKP Luncurkan Diva Tuna Untuk Transparansi Data Kapal Penangkap Tuna,

Menurut Dani, pertanian juga harus menjadi sektor penting dalam menjaga ketahanan pangan. Apalagi, pertanian menjadi bagian sejarah Kabupaten Bekasi menjadi lumbung pangan nasional.

“Jadi sudah sepatutnya pemerintah Kabupaten Bekasi tetap mempertahankan sektor pertanian,” tambahnya.

Selain itu, Dani juga menyampaikan akan terus memperbaiki sarana dan prasarana pertanian di Kabupaten Bekasi.

Di antaranya, memperkuat para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar para petani bisa terarahkan dan bisa berproduksi secara maksimal.

“Ketika importir menutup karena kepentingan nasionalnya, kita bisa dalam kondisi bahaya, kita harus lebih tangguh, ketahanan pangannya, ke kedaulatan pangannya, sehingga harus meningkatkan produktivitas pertanian,” tambahnya.

Baca Juga :   Wapres Ma’ruf Amin : Pengembangan Teknologi Harus Masuk Sampai Ke Tingkat Desa

Dengan pemberian hibah alat pertanian itu, Dani berharap dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengatasi kendala pengolahan tanah.

“Ini untuk aset Gapoktan sehingga ada multi player effect terhadap produktifitas pertanian dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid menjelaskan jika pemberian hibah mesin traktor sebanyak 16 unit merupakan hasil dari Musrembang tahun 2022.

“Kedepanya nanti akan kami perjuangkan bantuan ini, mungkin ada beberapa Gapoktan di Kecamatan lain yang belum mendapatkan bantuan ini,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.