Legundi, Jenis Tanaman Herbal Kaya Akan Manfaatnya

oleh -246 views
Vitex trifolia L. Close up
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Legundi merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang banyak hidup pada daerah iklim tropis. Tanaman ini biasanya dapat tumbuh subur pada dataran rendah maupun dataran tinggi berkisar 1000 meter diatas permukaan laut.

Tanaman tersebut dengan nama Ilmiah Vitex Trifolia L. ini masih termasuk ke dalam suku famili Verbenaceae. Legundi pun sudah sangat familiar keberadaannya sebagai tanaman yang memiliki khasiat khusus bagi kesehatan.

Secara morfologi, tanaman legundi dapat tumbuh tinggi dengan ukuran berkisar antara 5 hingga 8 meter, biasanya tanaman ini terdapat batang dengan bentuknya panjang cenderung bulat dan berwarna putih cenderung kotor. Adapun batang tersebut memiliki ranting pada samping kanan kirinya, ranting tersebut biasanya berjumlah 12 hingga 15 ranting.

Baca Juga :   Pohon Ketapang, Tumbuh Rindang Di Kawasan Hutan Tropis

Selain itu, pada ranting tanaman ini juga terdapat daun berwarna hijau dengan bentuknya majemuk, biasanya daun tersebut dapat tumbuh saling berhadapan diantara daun lainnya. Adapun pada sisi daunnya terdapat buah dengan bentuk cenderung bulat berwarna coklat, biasanya buah tersebut dilengkapi oleh biji yang berjumlah kisaran antara 2 – 5 biji.

Sementara itu, bagian biji dan daun dari tanaman legundi dapat dimanfaatkan untuk pengobatan herbal. Pasalnya, biji dan daun legundi memiliki kandungan senyawa asam benzoate, tannin, saponin, karbohidrat, serta beberapa vitamin yang dinilai bermanfaat bagi kesehatan dan tergolong mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Lebih lanjut, kandungan tersebut menjadikan tanaman legundi sebagai tanaman herbal kaya akan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.