Agar UMKM Maju, Kemendag Siapkan Program Siap Ekspor

oleh -55 views
8OFJu410nW0jtkFNOW07ewuvj3m4Q4WmvMYugQhN
Foto : Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berkomitmen membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Langkat agar menjadi pelaku usaha siap ekspor. Sejumlah program disiapkan agar pelaku usaha semakin berdaya dan dapat bersinergi dengan berbagai pihak.

Penegasan ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat menghadiri puncak perayaan hari jadi ke- 273 Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, hari, Selasa (17/01/2023). Perayaan tersebut mengusung tema ‘Langkat Berbudaya, Pariwisata Bangkit, UMKM Maju’. Kegiatan digelar di Alun-Alun Tengku Amir Hamzah, Langkat, Sumatra Utara.

“Kami ucapkan selamat hari jadi ke-273 untuk Kabupaten Langkat. Kerja sama pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjadi kunci utama untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok, termasuk di Kabupaten Langkat. Kabupaten Langkat juga memiliki perhatian dalam membina usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kami harap UMKM di Langkat dapat bekerja sama dengan ritel modern untuk menyuplai barang-barang produksi UMKM, serta merambah lokapasar,”. Ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga :   Kemendag Permudah Akses Ekspor Buah Naga Dan Alpukat

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir turut meresmikan pameran UMKM Langkat. Terdapat 100 UMKM yang menampilkan kurang lebih 1.000 produk lokal.

Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan juga mengatakan, di tahun 2023 Kementerian Perdagangan akan tetap berkomitmen untuk mendorong pelaku usaha di berbagai wilayah melalui program-program agar UMKM tersebut bisa maju dan juga bisa naik kelas.

“Program-program tersebut meliputi digitalisasi UMKM, promosi produk UMKM di pasar ekspor, business matching, pelatihan SDM ekspor, dan program pendampingan ekspor,”. Ungkap Mendag.

Baca Juga :   Wapres Dampingi UMKM Dalam Pengurusan NIB

Sementara itu, Plt. Bupati Langkat Syah Afandin mengapresiasi kehadiran Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir. Ia mengatakan, dukungan pemerintah pusat untuk meningkatkan pariwisata dan UMKM Langkat sangat dibutuhkan.

“Sumber daya alam Langkat luar biasa, kami membutuhkan dukungan untuk terus meningkatkan pariwisata dan UMKM Langkat,”. Ungkap Syah Afandin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.