Ketahui Daerah Ini Penghasil Kayu Jati Terbesar Di Indonesia

oleh -274 views
istockphoto-1284324907-612x61
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang berasal dari pohon jati yang biasanya dapat ditemukan pada hutan Indonesia. Kayu tersebut sangat familiar karena dikenal memiliki daya tahan lama dan kayunya cenderung bagus.

Oleh karena itu, kayu jati kerap dijadikan bahan untuk membuat furniture maupun peralatan rumah tangga lainnya. Di Indonesia, ada beberapa daerah penghasil kayu jati terbesar dengan kualitas tinggi yang sangat jarang orang mengetahuinya, daerah tersebut diantara lain.

Sulawesi Selatan

Daerah ini menjadi salah satu penghasil kayu jati berkualitas tinggi dan juga baik, karena daerah tersebut memiliki intensitas pohon jati dalam jumlah yang cenderung banyak. Selain itu, daerah tersebut juga dinilai lebih mudah dalam membudidayakan pohon jati dan juga cepat tumbuh, sehingga dengan begitu kayu jati pun mudah didapat dan daerah ini jadi penghasil kayu jati di Indonesia.

Baca Juga :   Perbaiki Hutan, KLHK Tanam Pohon Durian Serentak Di Jombang

Jawa Timur

Wilayah ini juga dikenal sebagai salah satu penghasil kayu jati terbesar di Indonesia. Pasalnya, pohon jati banyak ditemukan pada daerah Bojonegoro Jawa Timur, oleh sebagian masyarakat banyak di wilayah tersebut pohon ini dijadikan ladang usaha dengan memanfaatkan batangnya untuk dijadikan kayu, sehingga daerah ini termasuk penghasil kayu jati di Indonesia.

Jawa Tengah

Daerah tengah pada Pulau Jawa ini sudah sangat dikenal sebagai penghasil kayu jati terbaik di Indonesia, biasanya pohon jati banyak ditemukan pada daerah Blora Jawa Tengah dengan jumlah yang cenderung banyak. Selain itu, tanah subur daerah tersebut pun sangat berpotensi baik untuk menghasilkan pohon jati yang banyak, sehingga dengan begitu jumlah kayu jati juga nantinya cenderung banyak dan hal tersebut menjadikan daerah ini penghasil kayu jati terbesar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.