Perbaiki Hutan, KLHK Tanam Pohon Durian Serentak Di Jombang

oleh -13 views
3z63_IMG-20240307-WA0211
Foto : Dok. KLHK

Panennews.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali melaksanakan kegiatan penanaman serentak di seluruh Indonesia pada Jumat (08/03/2024).

Kegiatan ini merupakan acara keempat dalam keseluruhan rangkaian penanaman serentak di awal musim penghujan sekaligus diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan Tahun 2024 yang ke-41.

Penanaman serentak ini sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan.

Lebih lanjut, serta upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan dengan memperbanyak tegakan pohon/tanaman juga meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat umum khususnya kegiatan penanaman pohon durian.

Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono yang memimpin acara penanaman pohon di Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa pohon yang ditanam memiliki manfaat multiguna untuk manusia dan seluruh makhluk hidup.

Bukan hanya sebagai penyedia oksigen, tetapi juga menjadi tempat penyimpanan karbon yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lainnya di bumi.

Baca Juga :   Agar Awet Dan Tahan Lama, Begini Tips Mudah Memilih Kayu Balsa

“Keberadaan pohon untuk kelangsungan hidup manusia dan alam semesta, berperan penting dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca, sumber kehidupan makhluk hidup, menyimpan air, menjaga suhu udara, meredam kebisingan, dan mengurangi terjangan angin. Pohon juga menjadi solusi atas berbagai persoalan polusi udara,” ucap Bambang membacakan sambutan tertulis Menteri LHK Siti Nurbaya saat penanaman pohon di Provinsi Jawa Timur yang dipusatkan di Desa Wanasalam, Kec. Wanasalam Kab. Jombang.

Dikatakan Bambang, untuk mengurangi dampak perubahan iklim yang telah nyata kita rasakan baik di tingkat tapak, regional dan global, keberadaan pohon dan tutupan lahan yang baik akan meningkatkan daya dukung alam dalam mitigasi perubahan iklim, ketahanan pangan, energi dan kesejahteraan seluruh mahluk hidup. Ini adalah langkah positif untuk merestorasi dan melindungi lingkungan.

Baca Juga :   Punya Furniture Dari Bambu, Begini Tips Mudah Merawatnya

“Kita tidak hanya memberikan manfaat bagi bumi, tetapi juga menciptakan warisan untuk generasi mendatang,” ungkap Bambang.

​Indonesia sebagai pemilik hutan tropis terbesar ketiga di dunia, mempunyai arti sangat penting dalam upaya pengendalian iklim global.

Hutan merupakan salah satu kunci untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, mendinginkan udara dan melindungi kita dari kekeringan, panas ekstrem, polusi, dan hilangnya keanekaragaman hayati, atau yang biasa disebut Triple Planetary Crisis.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemda Provinsi dan Pemda Kabupaten/Kota serta semua pihak yang telah mendukung kegiatan penanaman serentak di seluruh Indonesia. Semoga semua berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan pemahaman atas upaya kita bersama untuk menjaga dan mengelola lingkungan dan hutan, serta menjadi tambahan atas amal ibadah kita semua,” kata Bambang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.